ANALISIS KEBIJAKAN PEMERATAAN PENDIDIKAN (Studi Tentang Equality Of Opportunity Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Pertama Negeri Berbasis Sistem Zonasi Di Kabupaten Mojokerto)

Akbar Putra Nugraha, 071411131077 (2019) ANALISIS KEBIJAKAN PEMERATAAN PENDIDIKAN (Studi Tentang Equality Of Opportunity Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Pertama Negeri Berbasis Sistem Zonasi Di Kabupaten Mojokerto). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FIS AN 87 19 Nug a ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text
FIS AN 87 19 Nug a DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
FIS AN 87 19 Nug a DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS AN 87 19 Nug a.pdf
Restricted to Registered users only until 20 November 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai implementasi kebijakan PPDB berbasis zonasi dan menilai apakah kebijakan tersebut sudah menciptakan pemerataan akses pendidikan di Kabupaten Mojokerto. Implementasi kebijakan PPDB dilihat dari dimensi kesulitan masalah, kemampuan menstrukturkan proses dan faktor eksternal yang merupakan pemikiran Daniel Mazmanian dan Sabatier. Sedangkan equality of opportunity dilihat dari dimensi keadilan dasar, keadilan prosedural dan keadilan pemikat dari pemikiran Jacob A. Lesley. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara mendalam, observasi, studi dokumen dan penulusran secara online. Informan penelitian ditentukan secara purposive dan kemudian dilakukan dengan snowball dengan total 20 informan yang terdiri dari Dinas Pendidikan, dan beberapa Sekolah Menengah Pertama Negeri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum adanya kebijakan zonasi, pemerintah kabupaten mojokerto sudah terlebih dahulu menggunakan sistem yang mirip dengan zonasi, hal ini kemudian membuat perubahan pola perilaku yang dijadikan tujuan dalam kebijakan zonasi belum terlaksana secara efektif karena masyarakat masih berfokus pada sekolah-sekolah tertentu saja, sedangkan dalam aspek ekualitas akses kebijakan zonasi belum menciptakan kondisi yang ekual dikarenakan kebijakan zonasi belum diikuti dengan upaya pemerataan fasilitas ataupun infrastruktur antar sekolah yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS AN 87/19 Nug a
Uncontrolled Keywords: pemerataan akses, kebijakan publik, pendidikan, keadilan
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Akbar Putra Nugraha, 071411131077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDrs. Gitadi Tegas Supramudyo, M.Si, NIDN :'0006035904UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Nov 2019 11:41
Last Modified: 18 Dec 2019 05:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91299
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item