Implementasi Sistem Muzara’ah Dalam Membantu Pemenuhan Kebutuhan Hidup Buruh Tani Ditinjau Dari Aspek Kesejahteraan Menurut Asy-Syatibi (Studi Kasus:Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan)

Arga Satria Wisesa (2019) Implementasi Sistem Muzara’ah Dalam Membantu Pemenuhan Kebutuhan Hidup Buruh Tani Ditinjau Dari Aspek Kesejahteraan Menurut Asy-Syatibi (Studi Kasus:Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FEB.EI.217-19 Wis i.pdf

Download (351kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FEB.EI.217-19 Wis i.pdf

Download (294kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FEB.EI.217-19 Wis i.pdf

Download (317kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT FEB.EI.217-19 Wis i.pdf
Restricted to Registered users only until 3 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kesejahteraan buruh tani kecamatan Sugio kabupaten Lamongan dengan menggunakan indikator kesejahteraan Asy-Syatibi yaitu dengan lima indikator diantarnya agama, jiwa, akal, keturunan, harta yang harus terpenuhi dalam tingkat dharuriyyat. Kemudian terpelihara tingkat hajiyyat dan sempurna dalam tahsiniyyat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus eksplanatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung kepada informan yaitu ketua Kelompok Tani “Mulyo Tani” dan anggotanya. Pengumpulan data sekunder berasal dari jurnal, buku, BPS, Data desa, internet access dan literature lainya. Hasil dari penelitian ini buruh tani di kecamatan Sugio telah memenuhi tingkatan dharuriyyat indikator agama, jiwa, akal, harta dan keturunan, kerjasama pertanian yang dilakukan oleh petani penggarap sawah dan petani pemilik sawah menggunakan akad muzara’ah dengan pendekatan kesejahteraan maqashid syari’ah yang diadakan oleh kelompok tani “Mulyo Tani” di Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan dapat meningkatkan kesejahteraan petani penggarap sawah. Kerjasama tersebut membawa dampak positif bagi kehidupan sehari-hari karenanya buruh tani dikatakan sejahtera dalam perspektif Asy-syatibi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2.FEB.EI.217/19 Wis i
Uncontrolled Keywords: Muzara’ah, Asy-Syatibi, Kesejahteraan Buruh Tani, Maqashid Syariah
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA177.4-185 Engineering economy
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
Arga Satria WisesaNIM041311433192
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Inayatul FaizahNIDN0012055401
Depositing User: Ny Siti Sawanah
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:55
Last Modified: 31 Jan 2020 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91903
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item