PERILAKU HIDUP SEHAT MASYARAKAT PESISIR PANTAI KENJERAN (STUDI FENOMENOLOGI TENTANG MAKNA PERILAKU HIDUP SEHAT MASYARAKAT PESISIR PANTAI KENJERAN)

ISNAINI IMAM NUR SHOLEH, 071511433008 (2019) PERILAKU HIDUP SEHAT MASYARAKAT PESISIR PANTAI KENJERAN (STUDI FENOMENOLOGI TENTANG MAKNA PERILAKU HIDUP SEHAT MASYARAKAT PESISIR PANTAI KENJERAN). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
FIS S 90 19 Sho p ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
FIS S 90 19 Sho p DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
FIS S 90 19 Sho p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB)
[img] Text
FIS S 90 19 Sho p JURNAL - ISNAINI IMAM NUR SHOLEH - 071511433008.pdf

Download (142kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS S 90 19 Sho p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji tentang pola perilaku hidup sehat masyarakat pesisir pantai Kenjeran, pola-pola perilaku yang dilakukan oleh masyarakat pesisir pantai dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh dengan pespektif fenomenologi, terutama pola perilaku hidup sehat yang berkaitan dengan sistem kepercayaan. Penelitian ini dilakukan di kampung Kejawan Lor Kelurahan Kenjeran Kecamatan Bulak Kota Surabaya, tepatnya kepada masyarakat miskin dan bertempat tinggal di pemukiman kumuh. Penentuan informan mengunakan metode purposive. Informan yang diwawancarai sebanyak 8 informan yang merupakan masyarakat miskin dan tinggal di pemukiman kumuh. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisa dalam penelitian ini adalah teori perilaku kesehatan dari Alonso dan teori hegemoni sistem kepercayaan dari Max Weber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pola perilaku hidup sehat yang dilakukan oleh masyarakat pesisir pantai Kenjeran menjaga pola makan, istirahat cukup, olahraga secukupnya. Semua tindakan tersebut dilakukan agar dapat terus bekerja untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga. Adapun tindakan yang dilakukan berhubungan dengan sistem kepercayaan yaitu dalam hal menangani penyakit yang berkaitan dengan gaib atau magic selain itu semua dipercayakan kepada ilmu pengetahuan medis. Dalam memaknai perilaku hidup sehat menurut mereka yaitu segala bentuk tindakan yang dilakukan untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan tubuh agar dapat bekerja disetiap hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS S 90/19 Sho p
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Pesisir, Pantai Kenjeran, Perilaku Hidup Sehat
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
ISNAINI IMAM NUR SHOLEH, 071511433008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Septi Ariadi, Drs., MA, NIDN :'0023096303UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Dec 2019 05:24
Last Modified: 09 Dec 2019 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92306
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item