PROGRAM KELUARGA HARAPAN DARI PERSPEKTIF KEADILAN AMARTYA SEN (Studi Tentang Program Keluarga Harapan Dalam Bidang Pendidikan Di Kabupaten Ponorogo)

Nama : Bayu Priambodo, 071714453001 (2019) PROGRAM KELUARGA HARAPAN DARI PERSPEKTIF KEADILAN AMARTYA SEN (Studi Tentang Program Keluarga Harapan Dalam Bidang Pendidikan Di Kabupaten Ponorogo). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TP 06 19 Pri p ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
TP 06 19 Pri p DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
TP 06 19 Pri p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TP 06 19 Pri p.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Studi ini bertujuan untuk melihat aspek keadilan dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan di Kabupaten Ponorogo sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat miskin dari perspektif Amartya Sen. Keadilan menurut Amartya Sen bukan berhenti pada pembentukan institusi yang adil namun keadilan harus direalisasikan kepada masyarakat. Ponorogo Sebagai salah satu Kabupaten yang menjadi pilots project PKH yang ada di Indonesia ternyata masih banyak masalah di bidang pendidikan. Angka buta huruf yang masih tinggi, tingkat pendidikan yang rendah serta masih adanya anak putus sekolah merupakan masalah klasik di bidang pendidikan yang ada di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan dianalisa menggunakan teori keadilan Amartya Sen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan PKH di Kabupaten Ponorogo merupakan realisasi keadilan bagi masyarakat miskin. Terlihat dalam pelaksanaan PKH terdapat empat material keadilan Amartya Sen untuk mewujudkan keadilan. Terdapat kebebasan dari para pendamping dalam memberikan keleluasaan kepada penerima PKH untuk menggunakan dana bantuan untuk keperluan apapun. Terdapat kapabilitas dari penerima bantuan untuk membuat anaknya mengenyam pendidikan setinggi mungkin dan juga pemberian fasilitas gratis dari balai latihan kerja (BLK) bagi keluarga penerima PKH. Kebahagiaan dari penerima bantuan program keluarga harapan terlihat ketika tidak ada yang menolak menerima bantuan. Kesetaraan terlihat dari tidak ada yang menerima bantuan dengan besaran sama namun dilihat dari komponen yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TP 06/19 Pri p
Uncontrolled Keywords: Keadilan, Kebebasan, Kapabilitas, Program Keluarga Harapan
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Nama : Bayu Priambodo, 071714453001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. H Kacung Marijan, Drs., MA., Ph.D, NIDN :'0025036403UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 12 Dec 2019 06:50
Last Modified: 12 Dec 2019 06:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92553
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item