MAKNA LABA PADA MASYARAKAT JAWA YANG BERINTERAKSI PADA PASAR BERGERAK

HENI OKTAVIANTI (2019) MAKNA LABA PADA MASYARAKAT JAWA YANG BERINTERAKSI PADA PASAR BERGERAK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
TEA. 76-19 Okt m ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text
TEA. 76-19 Okt m DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
TEA. 76-19 Okt m DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TEA. 76-19 Okt m BR.pdf
Restricted to Registered users only until 16 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam suatu bisnis, maksimalisasi laba merupakan prinsip yang perlu digunakan agar keberlangsungan suatu usaha dapat terus berjalan. Adanya keterbatasan mekanisme operasional baik dari segi waktu maupun lokasi dalam pasar bergeraksesuai hari pasaran yang berlangsung, secara tidak langsung turut mempengaruhi potensi laba yang dapat diperoleh para pedagang pasar. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap makna laba dari sudut pandang pedagang pasar bergerak sesuai dengan kebiasaan, tradisi dan kultur yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi realis yang mencoba untuk menggali lebih dalam makna laba pada pasar bergerak. Teknik pengumpulan data menggunakan cara Creswell dan teknik wawancara etnografi mengikuti langkah Spradley. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa makna laba merujuk kepada dua bentuk, yakni (1) laba materi berupa hasil usaha tunai yang sifatnya dapat langsung dinikmati untuk memenuhi berbagai tujuan hidup; (2) laba non materi berupa keuntungan dalam bentuk tali persaudaraan. Dengan segala keterbatasan dan karakteristik yang melekat pada pasar bergerak, tidak mengubah fakta bahwa semakin banyak lokasi pasar bergerak yang disinggahi para pedagang, semakin banyak interaksi sosial yang dilakukan, semakin maksimal pula laba yang didapatkan baik dalam bentuk materi maupun non materi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA. 76-19 Okt m
Uncontrolled Keywords: pasar bergerak, makna laba, etnografi realis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HENI OKTAVIANTINIM041614253022
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHAMIDAHNIDN0024076403
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Dec 2019 04:22
Last Modified: 14 Dec 2019 04:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92609
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item