CRITICAL STAKEHOLDER ANALYSIS DALAM KONTEKS KEBIJAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR PROVINSI SULAWESI BARAT

A. MAPPATUNRU (2019) CRITICAL STAKEHOLDER ANALYSIS DALAM KONTEKS KEBIJAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN DI KABUPATEN POLEWALI MANDAR PROVINSI SULAWESI BARAT. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
TKP 07 19 Map c ABSTRAK.pdf

Download (43kB)
[img] Text
TKP 07 19 Map c DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
TKP 07 19 Map c DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (63kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TKP 07 19 Map c.pdf
Restricted to Registered users only until 16 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi siapa saja stakeholder dan Bagimana ketimpangan kekuasaan di antara mereka, seperti apa kategori stakeholder dan bagaimana posisi kelas masing-masing stakeholder, dan bagaimana hubungan antara stakeholder, serta kesempatan mereka dalam mengakses pembuatan kebijakan dalam konteks kebijakan pendidikan kesetaraan di Kabupaten Polewali Mandar. Penelitan adalah penelitian kualitatif dengan paradigma critical social science. Penelitian ini menggunakan Critical Stakeholder Analysis yang dielaborasi dengan teori hegemoni Antonio Gramsci dan konsep relasi kuasa Paulo Freire. Hasil penelitian ini menunjukkan, 1) Pola kepengaturan pemerintah yang cenderung elitis menciptakan hegemoni struktural yang ditandai dengan objektifikasi, subordinasi, dan komodifikasi warga belajar. Hegemoni struktural juga mempengaruhi cara pandang komisi 4 DPRD Kabupaten Polewali Mandar dan Organisasi non-pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan (Kelas Inspirasi dan Gerakan 1000 Guru) dalam memandang keberadaan peserta didik dan keberlangsungan pendidikan kesetaraan. 2) Relasi yang hegemonik tersebut membagi stakeholder dalam tiga kategori, yaitu: Dominant stakeholder (Dinas Pendidikan dan PKBM), Dominated Stakeholder (Warga Belajar), dan Absenteeisme Stakeholder (Komisi 4 dan Organisasi nonpemerintah). 3) kategori-kategori tersebut menunjukkan adanya relasi di mana dominant stakeholder memiliki hubungan hegemonik-monopolistik secara langsung dengan dominated stakeholder yang berada pada posisi yang manipulatif, dan absenteeism stakeholder berada pada posisi non-participation yang secara tidak langsung terlibat dalam melanggengkan relasi kuasa antara dominant stakeholder dan dominated stakeholder.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TPK 07/19 Map c
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesetaraan, Critical Stakeholder Analysis, Hegemoni Struktural
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3740-3762 Education
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik
Creators:
CreatorsNIM
A. MAPPATUNRUNIM071614353009
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih SuaediNIDN0026026306
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Dec 2019 06:35
Last Modified: 16 Dec 2019 06:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92636
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item