TEKNIK PENDEDERAN IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus X Epinephelus lanceolatus) PADA BAK BETON DI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PENGEMBANGAN BUDIDAYA LAUT SITUBONDO, JAWA TIMUR

RACHMAD ZAKARIA DARMAWAN (2019) TEKNIK PENDEDERAN IKAN KERAPU CANTANG (Epinephelus fuscoguttatus X Epinephelus lanceolatus) PADA BAK BETON DI UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PENGEMBANGAN BUDIDAYA LAUT SITUBONDO, JAWA TIMUR. KODEPRODI54243#Akuakultur, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Abstrak)
KKC KK PKL PK BP 91 - 19 Dar t-Abstrak.pdf

Download (33kB)
[img] Text (Daftar isi)
KKC KK PKL PK BP 91 - 19 Dar t-Daftar isi.pdf

Download (28kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
KKC KK PKL PK BP 91 - 19 Dar t-Daftar Pustaka.pdf

Download (44kB)
[img] Text (Fulteks)
KKC KK PKL PK BP 91 - 19 Dar t.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://ijphrd.com

Abstract

Kerapu Cantang adalah kerapu hasil persilangan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) dan kerapu kertang (Epinephelus lanceolatus). Penyebaran ikan kerapu cantang di alam masih sangat jarang dan bahkan hampir tidak ditemukan. Hal ini karena kerapu cantang merupakan hasil pembuahan yang tidak disengaja antara induk betina kerapu macan dan induk jantan kerapu kertang di BBAP Situbondo. Adapun keunggulan utama kerapu cantang ini adalah ketahanan terhadap penyakit lebih baik, kecepatan tumbuhnya dua kali lipat dari ikan kerapu macan yang biasa dibudidayakan masyarakat. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui teknik pendederan ikan kerapu cantang pada bak beton sehingga mampu mengetahui hambatan dan kendala selama budidaya ikan kerapu cantang pada fase pendederan. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengembangan Budidaya Laut Situbondo, Jawa Timur tanggal 17 Desember 2018 sampai tanggal 17 Januari 2019. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode pastisipasi aktif dengan pengambilan data yang meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi pustaka. Hasil Praktek Kerja Lapang yang telah dilakukan, teknik pendederan ikan kerapu cantang meliputi kegiatan mulai dari persiapan bak dan peralatan, seleksi dan penebaran benih, pemberian pakan, penyeragaman ukuran (grading), monitoring pertumbuhan ikan kerapu, pengolahan kualitas air, hama dan penyakit, pemanenan dan pasca panen, tingkat kelangsungan hidup, serta kendala dalam teknik pendederan ikan kerapu cantang.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 91/ 19 Dar t
Uncontrolled Keywords: Cantang Grouper (Epinephelus fuscoguttatus X Epinephelus lanceolatus), Concrete Tank, Technical Implementation Unit Marine Aquaculture Development Situbondo, Jawa Timur.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH138 Mariculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
RACHMAD ZAKARIA DARMAWANNIM141611133091
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPutri Desi WulansariNIDN0008128603
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 18 Dec 2019 02:52
Last Modified: 18 Dec 2019 02:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/92752
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item