MAHARDIKA PUTRI KAONANG (2019) ANALISIS KEPUASAN KERJA PERAWAT PADA INTERNAL SERVICE QUALITY DI RUMAH SAKIT (Studi RSUD Dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek). Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Text
TKP 76 19 Kao a ABSTRAK.pdf Download (44kB) |
|
Text
TKP 76 19 Kao a DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) |
|
Text
TKP 76 19 Kao a DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (69kB) |
|
Text (FULLTEXT)
TKP 76 19 Kao a.pdf Restricted to Registered users only until 23 December 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendahuluan: Kepuasan kerja merupakan indikator kondisi fisik dan psikologis perawat. Rumah sakit ingin memberikan kualitas layanan terbaik kepada pelanggan eksternal, harus memberikan kualitas pelayanan internal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan perawat pada internal service quality di RSUD Dr. Soedomo Kabupaten Trenggalek. Metode: Desain penelitian adalah cross sectional. Sampel yaitu 172 perawat. Variabel meliputi karakteristik perawat, internal service quality, dan kepuasan kerja perawat. Analisa data menggunakan regresi linier berganda. Hasil: Hasil penelitian ini yaitu tools (p = 0,039; β = 0,146), teamwork (p = 0,018; β = 0,185), management support (p = 0,034; β = 0,170), communication (p = 0,001; β = 0,231), reward and recognition (p = 0,000; β = 0,296) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perawat. Police and procedures (p = 0,427; β = -0,058), goal alignment (p = 0,138; β = -0,105), training (p = 0,909; β = -0,009) tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Karakteristik perawat (usia, jenis kelamin, status perkawinan, tingkat pendidikan, masa kerja, dan status kepegawaian) memiliki nilai p>0,05, sehingga tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Namun ruangan kerja (p<0,05) berpengaruh terhadap kepuasan kerja perawat. Kesimpulan: Internal service quality memiliki pengaruh terhadap kepuasan kerja yaitu tools, teamwork, management support, communication, rewards and recognition. Sedangkan policies and procedures, goal alignment, training tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja. Karakteristik perawat yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja yaitu ruangan kerja.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKP 76/19 Kao a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | kepuasan kerja, internal service quality, perawat | ||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing | ||||||
Divisions: | 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2019 00:41 | ||||||
Last Modified: | 23 Dec 2019 00:41 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93018 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |