SUPLEMENTASI PROBIOTIK Lactobacillus plantarum DALAM PAKAN TERHADAP BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) DAN ENTEROBACTERIACEAE PADA MIKROFLORA SALURAN PENCERNAAN AYAM BROILER DI PETERNAKAN BAPAK M. SHOLIHUDDIN KABUPATEN JOMBANG

YENI (2019) SUPLEMENTASI PROBIOTIK Lactobacillus plantarum DALAM PAKAN TERHADAP BAKTERI ASAM LAKTAT (BAL) DAN ENTEROBACTERIACEAE PADA MIKROFLORA SALURAN PENCERNAAN AYAM BROILER DI PETERNAKAN BAPAK M. SHOLIHUDDIN KABUPATEN JOMBANG. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRACT)
KKC KK FV.PV.40-19 Yen s ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
KKC KK FV.PV.40-19 Yen s DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
KKC KK FV.PV.40-19 Yen s DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV.PV.40-19 Yen s FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only until 26 December 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.ijphrd.com

Abstract

Latar Belakang : Dalam usaha peternakan ayam broiler, faktor yang harus diperhatikan dalam pertumbuhan dan produksi, salah satunya adalah faktor kesehatan. Pemberian antibiotik dalam jangka panjang sebagai feed additive untuk memacu pertumbuhan ternak dan mencegah infeksi bakteri, dapat menimbulkan residu pada ayam broiler sehingga berbahaya bagi konsumen (Anggitasari et al., 2016). Upaya mencari pengganti antibiotic difokuskan pada bahan-bahan alami yang menghasilkan mikroba baik dan diharapkan dapat menurunkan dampak negatif. Kelompok mikroorganisme yang menguntungkan ini diberi nama probiotik. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik Lactobacillus plantarum terhadap Bakteri Asam Laktat (BAL) dan Enterobacteriaceae dalam faecal mikroflora ayam broiler. Metode : Metode yang digunakan adalah pengamatan yang berupa pengambilan data. Data diambil pada ayam berumur 14 hari pada fase starter dan umur 42 hari pada fase finisher. Ayam tersebut diberi perlakuan berupa pemberian probiotik Lactobacillus plantarum kode I25 melalui pakan. Sebagai pembanding dilakukan pengamatan pelengkap pada ayam dengan pemberian Antibiotic Growth Promotors (AGP) dan pakan kontrol. Kesimpulan : Pemberian probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri nonpatogen dalam saluran pencernaan dan berpotensi menekan mikroba patogen, sehingga dapat meningkatkan pencernaan makanan dan mengefisienkan konsumsi pakan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.PV.40/19 Yen s
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Paramedik Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
YENINIM151611213046
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorShelly WulandariNIDN0017099002
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:01
Last Modified: 26 Dec 2019 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93129
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item