PERBANDINGAN KUALITAS CITRA ANTARA SEKUEN T2 TSE AXIAL DAN T2 BLADE AXIAL PADA PEMERIKSAAN MRI KEPALA DENGAN MENGGUNAKAN MRI 3 TESLA

SHELA ERLANGGA PUTRI (2019) PERBANDINGAN KUALITAS CITRA ANTARA SEKUEN T2 TSE AXIAL DAN T2 BLADE AXIAL PADA PEMERIKSAAN MRI KEPALA DENGAN MENGGUNAKAN MRI 3 TESLA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FV.RD. 37-19 Put p ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
FV.RD. 37-19 Put p DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
FV.RD. 37-19 Put p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FV.RD. 37-19 Put p BR.pdf
Restricted to Registered users only until 3 January 2023.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

1Mahasiswa Program Studi D-IV Teknologi Radiologi Pencitraan Departemen Kesehatan, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Surabaya 2Dosen Pengajar Program Studi D-IV Teknologi Radiologi Pencitraan Departemen Kesehatan, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Surabaya 3Staff Departemen Radiologi, RSUD Dr. Soetomo, Surabaya Berbagai rangkaian urutan sekuen MRI dilakukan sebagai bagian dari protokol pencitraan rutin dalam memberikan diagnosis yang tepat. Proses serangkaian urutan sekuen tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghasilkan suatu citra. Hal tersebut menjadi salah satu kekurangan MRI. Namun berbagai jenis tehnik fast scan telah dikembangkan oleh produsen alat MRI, dengan tujuan utama yaitu meningkatkan kecepatan proses akuisisi citra dengan hasil yang optimal. Sekuen unggulan MRI yang biasa digunakan untuk meminimalisir waktu pemeriksaan diantaranya dengan menggunakan Turbo Spin Echo (TSE) dan BLADE. Keduanya memiliki karakteristik citra serupa namun terdapat perbedaan dari segi pengisian K-Space. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas citra yang lebih optimal diantara kedua sekuen tersebut, Penelitian ini menggunakan 16 sampel yang terdiri rentang usia 10 sampai 80 tahun dengan 10 kategori klinis yang berbeda. Pada setiap sampel kemudian dilakukan penilaian secara kuantitatif dengan menghitung nilai SNR, dan secara kualitatif yang dinilai oleh dua responden. Organ yang dinilai yaitu White Matter, Gray Matter dan CSF. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan paired t-test dan wilcoxon sign rank test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara kuantitatif atau berdasarkan nilai rata-rata SNR keseluruhan jaringan, sekuen BLADE lebih unggul dari TSE. Sedangkan secara kualitatif yang dinilai oleh dua responden berdasarkan hasil uji Willcoxon Sign Rank Test didapatkan sekuen BLADE menghasilkan nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan TSE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FV.RD. 37-19 Put p
Uncontrolled Keywords: TSE ; BLADE ; Kualitas Citra ; SNR
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC71-78.7 Examination. Diagnosis Including radiography
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D4 Alih Jenjang Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
SHELA ERLANGGA PUTRINIM151510383049
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLAILATUL MUQMIROHNIDN0020077605
Thesis advisorDidik SoeharmantoUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:51
Last Modified: 03 Jan 2020 02:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93386
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item