DAYA HAMBAT PASTA GIGI EKSTRAK JINTAN HITAM DENGAN DETERGEN DIBANDING EKSTRAK JINTAN HITAM NON DETERGEN TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI PLAK SUPRAGINGIVA

RESGITA NADILA MASYA (2019) DAYA HAMBAT PASTA GIGI EKSTRAK JINTAN HITAM DENGAN DETERGEN DIBANDING EKSTRAK JINTAN HITAM NON DETERGEN TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI PLAK SUPRAGINGIVA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KG 219 19 Mas d ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
KG 219 19 Mas d DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB)
[img] Text
KG 219 19 Mas d DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KG 219 19 Mas d.pdf
Restricted to Registered users only until 6 January 2023.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

satu fokus utama masalah kesehatan masyarakat. Salah satu penyebab dari penyakit periodontal adalah karena plak. Plak dapat menghambat fungsi saliva untuk melakukan aktivitas antibakteri. Plak gigi diklasifikasikan menjadi supragingiva dan subgingiva berdasarkan letak pada permukaan gigi. Terdapat beberapa upaya preventif yang dapat dilakukan untuk mengendalikan plak, secara mekanis maupun kimiawi. Kontrol plak mekanis seperti sikat gigi, memiliki formulasi yang mengandung kedua kombinasi dari fluoride dan SLS (Sodium Lauryl Sulfate) peran SLS yang dapat memudahkan plak terlepas dari permukaan gigi. Telah dikembangkan pasta gigi herbal menggunakan bahan herbal yang memiliki sifat antibakteri, salah satunya tumbuhan jintan hitam (Nigella sativa). Kandungan jintan hitam yaitu thymoquinone, thymol, dan tannins yang tela terbukti efektif menghambat pertumbuhan bakteri plak subgingiva dan supragingiva. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan daya hambat pasta gigi ekstrak jintan hitam yang mengandung detergen dibanding pasta gigi ekstrak jintan hitam tanpa detergen terhadap pertumbuhan bakteri plak supragingiva. Metode: Penelitian ini metode difusi sumuran pada media BHIB Dilakukan pada empat kelompok penelitian yaitu kontrol negatif, pasta jintan dengan SLS, pasta jintan non SLS, dan SLS dan dilakukan penanaman bakteri pada media MHA. Selanjutnya mengukur diameter zona hambat di sekitar sumuran. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan pada setiap kelompok perlakuan terhadap daya hambat pertumbuhan bakteri plak supragingiva pada hasil uji Oneway ANOVA (p<0,05) Simpulan: Pasta gigi ekstrak jintan hitam 3% yang mengandung detergen 2% memiliki daya hambat yang lebih baik terhadap bakteri plak supragingiva dibandingkan pasta gigi jintan hitam 3% non detergen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 219/19 Mas d
Uncontrolled Keywords: Pasta gigi, Nigella sativa, Sodium Lauryl Sulfate (SLS), plak supragingiva
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
RESGITA NADILA MASYANIM021611133139
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErnie MaduratnaNIDN0012026603
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:59
Last Modified: 06 Jan 2020 02:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93418
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item