Menu Engineering (Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Menu Engineering Dalam Penyusunan Menu Makanan Di Tulipe Restaurant Golden Tulip Legacy Hotel Surabaya)

Dini Wulansari (2019) Menu Engineering (Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Menu Engineering Dalam Penyusunan Menu Makanan Di Tulipe Restaurant Golden Tulip Legacy Hotel Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (509kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
3. ABSTRAKS.pdf

Download (283kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (447kB)
[img] Text
5. BAB II DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2023.

Download (617kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III INTERPRETASI DAN PENYAJIAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2023.

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2023.

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2023.

Download (108kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai kota bisnis, banyak wisatawan berkunjung ke Surabaya baik untuk kepentingan bisnis maupun berwisata. Untuk mendukung aktivitas tersebut, fasilitas hotel berbagai kelas terdapat di Surabaya dan menghendaki restoran yang menjual makanan dan minuman yang enak dan menarik sehingga perusahaan hotel dapat memperoleh keuntungan sesuai dengan yang diinginkan. Oleh sebab itu produk yang dihasilkan harus berkualitas dan pelayanan yang baik. Salah satu restoran hotel berbintang empat di kota Surabaya adalah Tulipe Restaurant Surabaya. Di dalam industri perhotelan dan restoran, ada suatu siklus pengendalian rotasi makanan yaitu dengan menggunakan Menu engineering secara berkala mampu membantu membuat keputusan untuk menyusun strategi penjualan. Sehingga timbul masalah “Bagaimana pemanfaatan menu engineering dalam penyusunan makanan di Tulipe Restaurant Golden Tulip Legacy Surabaya Hotel” hingga dapat mengetahui solusi dan tindak lanjut yang harus dilakukan untuk meningkatkan penjualan menu selanjutnya. Dalam penelitian ini penulis memakai metode penelitian deskriptif-kualitatif memudahkan peneliti dalam mengolah data penelitian secara dalam dan terperinci. Narasumber yang dipilih oleh penulis yaitu Outlet Manager, Food and Baverage Manager, dan Executive Chef. Penulis mengolah data penelitian dengan mewawancarai narasumber sesuai dengan Pedoman Wawancara yang telah dibuat. Lalu wawancara tersebut penulis analisa lebih dalam dengan membandingkannya dengan teori yang ada dan hasil observasi yang telah penulis lakukan di Tulipe Restaurant adalah bahwa menu engineering ini memang menjadi titik acuan atas pengambilan keputusan mengenai restoran dan seisinya dan harapannya sumber daya manusia yang dimiliki mampu menunjang operasional restoran. Menu engineering bermanfaat dalam banyak hal termasuk mengetahui sudah berapa banyak item menu yang terjual dalam suatu periode, mengetahui sudah berapa banyak tingkat keuntungan yang didapat. Dengan begitu perlu adanya pengambilan keputusan untuk meningkatkan pendapatan dengan menyusun menu baru. tips untuk menyusun menu menurut Golden Tulip Legacy Surabaya Hotel yaitu pertama-tama harus melihat kecocokan dan keselarasan rasa yang diberikan tiap kategori dan tiap menu-menunya dapat mengacu pada menu engineering dan selanjutnya perlu melihat kompetitor yang ada untuk melakukan perbandingan kualitas, harga, rasa, dan sebagainya. Berdasarkan dari hasil menu engineering, kiat menyusun menu dan dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhinya barulah Tulipe Restaurant milik Golden Tulip Legacy Surabaya Hotel memtuskan untuk mengeluarkan paket menu buffet.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW 09/20 Wul m
Uncontrolled Keywords: Menu Engineering, Penyusunan Menu, Manfaat, Rekayasa Menu
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Dini WulansariNIM151611413044
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy UmardionoNIDN0024037201
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:22
Last Modified: 13 Feb 2020 06:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item