Afif Naufalrachman (2020) Analisis Human Factors Pada Mekanik Aircraft Maintenance. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (225kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (63kB) |
|
Text
4. BAB IPENDAHULUAN.pdf Download (286kB) |
|
Text
5. BAB IIPERSPEKTIF TEORETIS.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (177kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IIIMETODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (52kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IVHASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (191kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB VSIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (39kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Kesediaan Afif Naufalrachman - afif naufalrachman.pdf Download (236kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran human factors pada mekanik aircraft maintenance. Transport Canada mengidentifikasi dua belas human factors yang menurunkan kemampuan orang untuk menampilkan kinerja yang efektif dan aman, yang dapat menyebabkan kesalahan perawatan pesawat. Kedua belas faktor ini yang dikembangkan oleh Gordon Dupont dikenal dengan “dirty dozen,” pada akhirnya diadopsi oleh industri penerbangan untuk membahas human error dalam perawatan pesawat (FAA, 2018). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus instrumental. Penggalian data dilakukan dengan wawancara serta pengumpulan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik pada hasil wawancara seluruh subjek. Penelitian ini melibatkan empat orang subjek mekanik GMF AeroAsia yang pernah melakukan kesalahan kerja. Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa keempat subjek memiliki pengalaman kesalahan kerja yang berbeda – beda, namun terdapat kesamaan pola pada proses kesalahan kerja itu terjadi. Keempat subjek mengalami complacency, di mana subjek ceroboh dalam mengambil keputusan sehingga terjadi kesalahan kerja.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK Psi 97/20 Nau a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | aircraft maintenance mechanics, human factors | ||||||
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA166-167 Human engineering | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2020 23:36 | ||||||
Last Modified: | 01 Sep 2020 23:36 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98369 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |