Tahta Rizki Yuandri (2020) Persepsi Remaja Surabaya Terhadap Citra Kota Surabaya Pada Tampilan Foto Di Akun Instagram @Exploresurabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN AWAL)
1.HALAMAN AWAL.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) | Request a copy |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) | Request a copy |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN)
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) | Request a copy |
|
Text (EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah persepsi remaja Surabaya terhadap citra kota Surabaya pada tampilan foto akun Instagram @exploresurabaya. Penelitian ini menarik untuk dikaji, karena remaja Surabaya yang gemar menggunakan media sosial Instagram, motif information seeking akun Instagram @exploresurabaya oleh followers yang mayoritas remaja, kota Surabaya yang terus berevolusi, serta remaja sebagai penduduk kota yang memiliki tingkat interaksi lebih tinggi dengan kota tempat tinggal mereka, dibandingkan pengunjung. Selanjutnya, peneliti mengembangkan kajian dalam ranah persepsi dari penduduk remaja Surabaya, terhadap citra kota Surabaya yang ditampilkan oleh akun @exploresurabaya. Penelitian ini menggunakan teori persepsi dan citra kota. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dengan pendekatan kualitatif, dan tipe penelitian deskriptif. Sehingga dalam penelitian ini, menggali data secara mendalam menggunakan teknik penggalian data indepth interview dengan informan. Informan yang dimaksud merupakan followers berusia remaja, dengan identitas penduduk Surabaya, dan pernah berkunjung di berbgai destinasi/spot di Surabaya. Selanjutnya, peneliti menganalisis hasil transkrip wawancara dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menyajikan kesimpulan. Data dianalisis menggunakan teori proses persepsi, dan dikaitkan dengan teori citra kota. Hasil penelitian mengemukakan, bahwasanya setiap remaja Surabaya memiliki persepsi terhadap citra kota Surabaya pada tampilan foto akun Instagram @exploresurabaya yang subjektif. Subjektivitas tiap informan dalam menghasilkan persepsi, dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pada tahap proses persepsi tiap informan. Citra kota Surabaya yang muncul dari hasil persepsi mereka, di antaranya; kota lekat dengan budaya kopi, kota dengan budaya konsumtif, kota yang lekat dengan ikon kota, kota bersejarah, kota yang lekat dengan arsitektur belanda, kota modern. Adapun persepsi mereka terhadap foto- foto instagramable Surabaya secara umum, dimana foto-foto tersebut memberi dampak positif terhadap kota Surabaya. Selain itu, informan turut menyadari adanya teknik foto dan pengeditan yang dapat membangun hyper-reality. Sehingga, memungkinkan adanya gap antara visual dan realita kota Surabaya pada postingan instagramable kota Surabaya
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS K 27/20 Yua p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, citra kota, Instagram, visual foto | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2020 04:39 | ||||||
Last Modified: | 22 Sep 2020 04:39 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99196 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |