An Nisa Nabila Pranowo (2020) Analisis Strategi Keberhasilan Shopee Di Indonesia Pada Tahun 2015-2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2.DAFTAR ISI.pdf Download (827kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3.ABSTRAK.pdf Download (771kB) |
|
Text (BAB I)
4.BAB I.pdf Download (993kB) |
|
Text (BAB II)
5.BAB II.pdf Restricted to Registered users only until 12 November 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6.BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 12 November 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 12 November 2023. Download (995kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8.BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 12 November 2023. Download (802kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (964kB) |
|
Text
17-Surat Publikasi - an nisa.pdf Restricted to Registered users only Download (8kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis strategi masuk dan operasi yang digunakan oleh Shopee di Indonesia yang mana Shopee dapat mempertahankan posisinya sebagai online marketplace yang paling diminati masyarakat Indonesia sejak awal peluncurannya di tahun 2015 hingga tahun 2019. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kondisi ekonomi digital Indonesia yang dipenuhi oleh dua hambatan, yakni hambatan kondisi geografis dan hambatan kondisi demografis namun Shopee dapat mengatasi hambatan-hambatan tersebut dengan menerapkan strategi yang ada. Penelitian memosisikan Shopee sebagai aktor utama yang dapat menjawab pertanyaan terkait strategi apa saja yang diimplementasikan oleh Shopee agar dapat beroperasi dengan baik dan mendapatkan minat masyarakat Indonesia. Jawaban tersebut dikerangkakan melalui konsep internasionalisasi dalam Born Globals Strategy, inovasi dalam Marketing Mix, serta pemilihan determinan lokasi. Proses analisis menggunakan metode analisis kualitatif yang dapat menggambarkan pola dari konsep dan wawasan dari hasil interpretasi bahan linguistik atau visual melalui interpretasi terhadap sumber data yang didapat. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat tiga strategi utama yang digunakan oleh Shopee untuk dapat masuk dalam pasar e-commerce Indonesia. Pertama, dipilihnya Indonesia sebagai determinan lokasi. Kedua, menentukan Born Globals Strategy sebagai strategi internasionalisasi. Ketiga, menerapkan 4 elemen P dalam strategi Marketing Mix yang dapat membantu Shopee untuk mengatasi hambatan ekonomi digital di Indonesia. Melalui temuan tersebut, terdapat sebuah pemahaman terkait arti penting penyusunan strategi bagi perusahaan asing dalam melakukan operasinya di negara tujuan ekspansi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis.HI.62-20 Pra a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Shopee, internasionalisasi, ekonomi digital, online marketplace, Born Globals, Marketing Mix | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | hardiansah pramana abdilah | ||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2020 06:44 | ||||||
Last Modified: | 14 Dec 2020 06:44 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/100738 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |