Interlingual Interference in Writing Produced by Child Learners in Learning L2 in Kumon EFL Context at Kumon Kinibalu Surabaya

Ralin Pramasuri Arta Meisa (2020) Interlingual Interference in Writing Produced by Child Learners in Learning L2 in Kumon EFL Context at Kumon Kinibalu Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (471kB)
[img] Text
2. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (131kB)
[img] Text
3. ABSTRACT.pdf

Download (21kB)
[img] Text
4. CHAPTER I INTRODUCTION.pdf

Download (169kB)
[img] Text
5. CHAPTER II LITERATURE REVIEW.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2023.

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
6. CHAPTER III RESEARCH METHOD.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2023.

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text
7. CHAPTER IV RESULTS AND DISCUSSION.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2023.

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
8. CHAPTER V CONCLUSION.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2023.

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text
9. REFERENCES.pdf

Download (93kB)
[img] Text
10. APPENDICES.pdf
Restricted to Registered users only until 27 December 2023.

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
Permohonan Embargo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki interferensi bahasa pertama (Bahasa Indonesia) di dalam penulisan bahasa kedua (Bahasa Inggris) yang ditulis oleh anak-anak dalam konteks Kumon EFL di kelas Kumon Kinibalu Surabaya. Sebanyak 128 kalimat terkumpul didalam penelitian ini untuk ditelaah sebagai data. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif sebagai metode utama. Teori yang digunakan untuk menganalisa interferensi secara leksikal dan struktur (grammar) berasal dari Weinreich (1953) sedangkan teori untuk menganalisa interferensi secara semantik berasal dari Smith (1994). Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 23% adalah interferensi secara leksikal, 65% termasuk interferensi secara struktur (grammar), dan hanya 12% yang termasuk interferensi secara semantik. Faktor yang menyebabkan interferensi bahasa secara struktur (grammar) pada anak-anak yang belajar Bahasa Inggris adalah fitur kognitif yang digunakan untuk mempelajari bahasa kedua dan keberagaman linguistik yang ada di bahasa pertama dan kedua. Kesimpulannya, ditemukan banyak interferensi secara struktur (grammar) pada pembelajar anak-anak yang sedang mempelajari Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BE.50-20 Mei i
Uncontrolled Keywords: Interferensi Bahasa, Interferensi Leksikal, Interferensi Struktur, Interferensi Semantik, Pembelajar Anak-Anak, Pembelajaran Bahasa Kedua, Kumon EFL
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
Ralin Pramasuri Arta MeisaNIM121611233002
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnna DewantiNIDN0001126019
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 26 Dec 2020 22:17
Last Modified: 26 Dec 2020 22:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/102056
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item