ASTRID CAHYA ADIESTI, 040510435 (2009) PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP REAKSI PASAR MELALUI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN-PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAKI)
gdlhub-gdl-s1-2011-adiestiast-17147-abstrak-p.pdf Download (375kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-adiestiast-14369-a11610-p.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari penerapan mekanisme corporate governance yang meliputi jumlah dewan komisaris, proporsi kepemilikan publik dan proporsi kepemilikan manajerial terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, baik secara simultan maupun secara parsial, serta pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap reaksi pasar. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 83 perusahaan dari seluruh sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007. Adapun pemilihan sampel dilakukan melalui metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier, yakni regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel mekanisme corporate governance terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility serta regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap reaksi pasar. Perhitungan dan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS version 12. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial jumlah dewan komisaris memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, namun proporsi kepemilikan publik maupun proporsi kepemilikan manajerial memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Secara simultan, jumlah dewan komisaris, proporsi kepemilikan publik dan proporsi kepemilikan manajerial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Sedangkan pengungkapan Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh yang signifikan terhadap reaksi pasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A 116/10 Adi p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CORPORATE GOVERNANCE LOCAL FINANCE-ACCOUNTING | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Shela Erlangga Putri | ||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 13 Jul 2016 06:33 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1023 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |