A. Deliar Nur (2020) Analisis Gap Pada Penggunaan Sistem Informasi Manajemen (Sim) Pada Pusat Layanan Kesehatan (Plk) Unair Menggunakan Kerangka Kerja Management Business Informatics (Mbi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (823kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (241kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (263kB) |
|
Text (BAB 1)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (376kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 11 January 2024. Download (870kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 11 January 2024. Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 11 January 2024. Download (579kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 11 January 2024. Download (237kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 11 January 2024. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (EMBARGO)
17-Surat Embargo - A. Deliar Nur.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) | Request a copy |
Abstract
Pusat Layanan Kesehatan (PLK) memiliki 16 proses bisnis, yang dijalankan di Aplikasi SIM. Namun aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) dinilai belum memenuhi kebutuhan pengadministrasi poli umum, poli gigi, manajemen dan pendaftaran seperti pembatasan hak akses pengadministrasi antara PLK yang berada di Kampus C dan PLK di Kampus B. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan analisis gap yang ada di proses bisnis SIM PLK UNAIR. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gap dengan menggunakan kerangka kerja Management Business Informatics (MBI) karena dapat membantu dalam mengevaluasi SIM PLK UNAIR menjadi lebih optimal. Metode MBI yang digunakan adalah task U004A Revision of IT strategy according to business requirements dan U029A Consolidating and prioritizing business information requirements. Tahapan pertama adalah analisis kondisi PLK terkini berdasarkan metode MBI, yaitu Document, Scenarios, Metrics, Roles, dan Factors di PLK UNAIR. Berdasarkan identifikasi kondisi terkini pada PLK UNAIR menunjukkan masih tidak optimal dilihat berdasarkan Metrics yang menunjukkan belum tercapainya 5 target dari 10 target pada realisasi tahun 2019. Selain itu dari segi dokumen masih belum lengkapnya modul penggunaan SIM. Tahap selanjutnya adalah melaksanakan task U004A dengan menganalisis strategi PLK, target PLK tahun 2020, dan performa PLK pada tahun 2019. Kemudian dilakukan proses analisis gap yang dibagi menjadi tiga kriteria yaitu dua gap berdasarkan proses bisnis, enam gap kesalahan fitur yang terdapat pada SIM dan juga satu masukan fitur baru untuk SIM PLK UNAIR. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan hasil wawancara pada pengadministrasi untuk diperoleh kesesuaian antara pengadministrasi dan stakeholder. Setelah diperoleh hasil yang valid, tahapan yang selanjutnya adalah pemrioritasan gap untuk mengetahui setiap urgensi setiap gap, diperoleh empat urutan pemrioritasan berdasarkan goals yang ingin dicapai oleh PLK.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK ST SI 17-20 Nur a | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | PLK, MBI, Analisis gap, Pemrioritasan gap | |||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T1-995 Technology(General) T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems |
|||||||||
Divisions: | 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | prasetyo adi nugroho | |||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2021 02:08 | |||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2021 09:23 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/102849 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |