IBNU MAULANA, 040013102 E (2008) PERANCANGAN DATABASE SIKLUS PENJUALAN SPARE-PART DAN JASA PADA BENGKEL MOBIL "MM" DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-maulanaibn-961-a_33_06.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-maulanaibn-961-a_33_06.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
UD. Maulana Motor merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan barang dan jasa Otomotif yang berkedudukan di Surabaya. Dimana penjualan produk dilakukan melalui Penjualan Langsung (direct selling), yaitu sebuah sistem penjualan oleh beberapa perusahaan yang melakukan komunikasi secara langsung dengan pelanggan. Dalam produk layanan dan penjualannya UD. Maulana Motor menyediakan jasa perbaikan mobil dan penjualan spare part serta berbagai minyak pelumas. Aktivitas penjualan barang dan jasa yang dilakukan oleh perusahaan menimbulkan berbagai macam catatan yang sangat penting mengenai produk barang yang dijual, jenis layanan hingga catatan mengenai pelanggan. Hal tersebut menimbulkan permasalahan bagi perusahaan dalam mengelola data yang selama ini dilakukan secara manual dengan menggunakan kartu dan buku. Aktivitas penjualan barang dan jasa adalah salah satu elemen pada UD. Maulana Motor yang bertanggung jawab terhadap penjualan spare part dari mulai pemesanan oleh pelanggan sampai pemasangan/pergantian spare part kepada mobil pelanggan. Sistem Informasi yang diterapkan selama ini masih menggunakan cara-cara manual, hal itu seringkali menimbulkan masalah baik dalam penghimpunan data maupun dalam menghasilkan laporan. Sehingga sangat diperlukan sistem database untuk menunjang sistem layanan dan penjaulan yang terkomputerisasi. Sistem database yang menggabungkan pendekatan database dengan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang sesuai memungkinkan membantu perusahaan untuk mengelola sumber data secara efisien dan efektif. Dalam skripsi ini mefokuskan pada perancangan database siklus penjualan di UD.Maulana Motor untuk mendukung operasional perusahaan didalam mengelola data-data penting mengenai spare part, layanan perbaikan hingga data-data pelanggan. sehingga dapat membantu perusahaan untuk menyediakan sarana, layanan dan informasi secara terpadu terhadap pelanggan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A 33/06 Mau p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | MARKETING - MANAGEMENT ; AUTOMOBILES - MAINTENANCE AND REPAIR | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products T Technology > TH Building construction > TH3031-3411 Maintenance and repair |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 20 Apr 2006 12:00 | ||||||
Last Modified: | 16 Sep 2016 01:34 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1033 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |