Model Cyberslacking Akademik Pada Mahasiswa

Ermida (2020) Model Cyberslacking Akademik Pada Mahasiswa. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (622kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (667kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (815kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN)
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2024.

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV METODE PENELITIAN)
7. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2024.

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf

Download (970kB)
[img] Text (BAB VI PEMBAHASAN)
9. BAB VI PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2024.

Download (981kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII KESIMPULAN)
10. BAB VII KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2024.

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (729kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2024.

Download (812kB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
PERMOHONAN EMBARGO.pdf
Restricted to Registered users only until 24 January 2024.

Download (219kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Mahasiswa sebagai generasi digital natives sering mengakses internet untuk tujuan non akademik ketika sedang mengikuti perkuliahan di kelas. Akses internet non akademik yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut didefinisikan sebagai cyberslacking akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model cyberslacking akademik mahasiswa berdasarkan social cognition theory (SCT) yang menekankan peran faktor individu (P), lingkungan (E) yang berpengaruh pada perilaku (B). Variabel-variabel yang diteliti dalam pengembangan model cyberslacking akademik mahasiswa ini adalah media multitasking self-efficacy, self-regulation, social media engagement dan motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence dan Satisfaction). Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis model cyberslacking akademik di level kelompok dengan melihat perbedaan model cyberslacking akademik pada mahasiswa bidang ilmu eksakta dan non eksakta. Subjek penelitian adalah 1485 mahasiswa yang terdiri dari 647 mahasiswa bidang ilmu eksakta dan 838 mahasiswa bidang ilmu non eksakta. Seluruh subjek penelitian pernah melakukan cyberslacking akademik saat di kelas. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala cyberslacking akademik, skala media multitasking self-efficacy, skala self-regulation, skala social media engagement dan skala motivasi ARCS. Seluruh alat ukur telah melewati proses adaptasi untuk disesuaikan dengan konteks mahasiswa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model cyberslacking akademik mahasiswa fit dengan data di lapangan. Pada model cyberslacking akademik mahasiswa ini hanya media multitasking self-efficacy dan social media engagement yang memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap cyberslacking akademik baik pada analisis di level individu dan level kelompok. Pada analisis di level kelompok terlihat bahwa tidak ada perbedaan model cyberslacking akademik mahasiswa antara bidang ilmu eksakta dan non eksakta. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa generasi digital natives memiliki karakteristik yang relatif sama terkait akses internet non akademik meskipun mahasiswa mempelajari bidang ilmu yang berbeda. Saran yang dapat diberikan adalah mahasiswa dapat mengarahkan keterlibatannya pada lingkungan digital menjadi lebih konstruktif untuk proses belajar di kelas, dosen dapat menyampaikan materi perkuliahan sesuai dengan karakteristik mahasiswa generasi digital natives dan Universitas dapat memberikan pelatihan-pelatihan yang membantu dosen untuk mengembangkan metode-metode pengajaran bagi mahasiswa generasi digital natives.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis Psi 12/21 Erm m
Uncontrolled Keywords: cyberslacking akademik, perkuliahan, mahasiswa, digital natives
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ErmidaNIM111717127301
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Ainy Fardana NawangsariNIDN0027027203
Thesis advisorRahkman ArdiNIDN0019058201
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 24 Jan 2021 13:06
Last Modified: 24 Jan 2021 13:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/103304
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item