Yusril Erlangga (2020) Rancangan Perbaikan Kinerja Operasi Prisma Land Group Dengan Pendekatan Kaizen Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (607kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (98kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 20 February 2024. Download (611kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 February 2024. Download (134kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 February 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 February 2024. Download (96kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 20 February 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
11. PERMOHONAN EMBARGO.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
Abstract
Prisma Land Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengembang perumahan (developer). Namun, ditengah masa pandemi Covid-19 saat ini perusahaan mengalami penurunan dalam penjualan yang mengakibatkan perusahaan harus menunda tahap pembangunan unit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi akar masalah / kendala dengan menggunakan diagram Fishbone dan merancang usulan perbaikan kinerja operasi perusahaan Prisma Land Group dengan pendekatan Kaizen dalam menghadapi Pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan pendekatan Kaizen. Tahapan dalam penelitian yang dilakukan dimulai dengan Identifikasi seven waste pada perusahaan, menganalisis akar penyebab waste dengan menggunakan diagram fishbone, menentukan divisi untuk perubahan, dan merancang Kaizen untuk solusi perbaikan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa waste terbanyak terjadi pada waste waiting yang disebabkan oleh kurangnya SDM dan koordinasi antar divisi, waste defect disebabkan karena kecurangan dari pihak developer, dan waste underused people yang disebabkan karena penempatan SDM yang kurang tepat. Berdasarkan hasil analisis terdapat beberapa usulan yang dirancang oleh peneliti, diantaranya Mengadakan rapat koordinasi dan pelatihan internal secara rutin, Membuat SOP yang lebih spesifik dan menegakkan pelaksanaan SOP untuk masing-masing divisi, Membangun gudang bahan baku internal dan menerapakan 5S pada gudang internal, Usulan rancangan formulir pembelian unit pada perusahaan, dan Usulan pengembangan struktur organisasi baru pada perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK B.06-21 Erl r | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Kaizen, Continous Improvement, 5S, Fishbone, Operations Performance, Property Developer | ||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1401-1578 Intellectual property > K1500-1578 Industrial property | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Fahimatun Nafisa Nafisa | ||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2021 02:49 | ||||||
Last Modified: | 20 Feb 2021 02:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/104207 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |