Hubungan Antara Penerimaan Diri Terhadap Kondisi Fisik Dengan Kecenderungan Anorexia Nervosa Pada Remaja Perempuan Di Sman 1 Banjarmasin

Bunga Permatasari (2012) Hubungan Antara Penerimaan Diri Terhadap Kondisi Fisik Dengan Kecenderungan Anorexia Nervosa Pada Remaja Perempuan Di Sman 1 Banjarmasin. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (254kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text (LANDASAN TEORI)
5. BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2024.

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2024.

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2024.

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2024.

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2024.

Download (358kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara penerimaan diri terhadap kondisi fisik dengan kecenderungan anorexia nervosa pada remaja perempuan di SMAN 1 Banjarmasin. Menurut Havighurst (Hurlock, 1994) salah satu tugas perkembangan remaja adalah menerima keadaan fisiknya serta menggunakan secara efektif. Tetapi apabila remaja tidak mampu menerima kondisi fisiknya, maka memungkinkan untuk munculnya gangguan makan, salah satunya yaitu anorexia nervosa (Grigg, Bowman, Redman, 1996). Anorexia nervosa dapat diartikan sebagai aktivitas untuk menguruskan badan dengan melakukan pembatasan makan secara sengaja dan melalui kontrol yang ketat. Perhatian terhadap penampilan kondisi fisik mereka yang berlebihan dapat menyebabkan adanya perasaan cemas dan takut penampilan kondisi fisik mereka menjadi tidak sempurna, ini menunjukkan penerimaan diri yang dimiliki rendah, sehingga remaja perempuan dapat mengalami kecenderungan anorexia nervosa. Penelitian ini dilakukan pada remaja perempuan yang berada pada rentang usia remaja madya atau remaja tengah, yaitu 15 – 18 tahun, yang bersekolah di SMAN 1 Banjarmasin sejumlah 100 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner penerimaan diri terhadap kondisi fisik yang disusun oleh Bunga Permatasari. Dan kuesioner kecenderungan anorexia nervosa yang diadaptasi dari The Eating Attitude Test 26 (EAT 26) disusun oleh Garner dan Garfinkel (1982). Analisis data dilakukan denga teknik statistik korelasi product moment Pearson, dengan bantuan program SPSS 16.00 for Window. Taraf signifikansi yang digunakan dalam penelitian ini sebesar 5 atau nilai probabilitasnya sebesar 0,05. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai r sebesar -0,580 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai probabilitasnya 0,05 (p 0,05) menunjukkan bahwa hipotesis kerja pada penelitian ini diterima, yaitu ada hubungan negatif antara penerimaan terhadap kondisi fisik dengan kecenderungan anorexia nervosa pada remaja perempuan di SMAN 1 Banjarmasin, dimana arah hubungan berbanding terbalik. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penerimaan diri remaja perempuan, maka semakin rendah kecenderungan anorexia nervosa. Sebaliknya, semakin rendah penerimaan diri remaja perempuan, maka semakin tinggi kecenderungan anorexia nervosa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penerimaan diri, anorexia nervosa, remaja perempuan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Bunga PermatasariNIM110810283
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIka Yuniar Cahyanti, -NIDN0001067701
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:57
Last Modified: 12 Apr 2021 04:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105429
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item