Manajemen Diabetes Pada Wanita Dewasa Madya Penderita Diabetes Mellitus (TIPE 2) Ditinjau Dari Teori Health Belief Model (HBM)

Eliza Kusuma Wardhani (2012) Manajemen Diabetes Pada Wanita Dewasa Madya Penderita Diabetes Mellitus (TIPE 2) Ditinjau Dari Teori Health Belief Model (HBM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (792kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (645kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (686kB)
[img] Text (BAB 1)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (715kB)
[img] Text (BAB 2)
5. BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2024.

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2024.

Download (691kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2024.

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 April 2024.

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Model pada wanita dewasa madya penderita diabetes mellitus (tipe 2) yang sudah melakukan manajemen diabetes. Adapun komponen Health Belief Model tersebut antara lain perceived susceptibility, perceived severity, perceived benefit,perceived barriers, cues to action, self-efficacy dan aspek sosio-demografis.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah sepuluh wanita dewasa madya penderita diabetes mellitus (tipe 2) dan telah melakukan manajemen diabetes. Subjek dipilih secara purposive sampling yang irekrut dari Instalasi Rawat Jalan Penyakit Dalam (internist) RSUD dr. Soetomo.Metode penggalian data yang digunakan adalah diskusi kelompok terfokus. Hasil diskusi diubah menjadi tranksrip verbatim untuk selanjutnya di analisis menggunakan analisis tematik. Teknik analisis ini terdiri dari tiga tahapan yaitu open coding, axial coding, selective coding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen diabetes dilakukan arena adanya persepsi tentang ancaman suatu penyakit (threat) dan harapan dari suatu tindakan (hope). Persepsi threat yang dimiliki subjek yaitu merasa rentan terhadap dampak diabetes dan ketakutan akan komplikasi pada beberapa organ tubuh (susceptibility) dan merasa bahwa dampak diabetes sudah mulai menyerang aspek fisik dan sosial (emosi, relasi sosial, dan pandangan masayarakat) (severity).Hope yang dimiliki subjek antara lain kondisi menjadi lebih sehat dan terhindar dari komplikasi (benefit), adanya dukungan keluarga yang besar terhadap kondisi subjek (less barrier), dan keinginan untuk menerima kondisi diri apa adanya serta keyakinan diri yang tinggi untuk mampu menjalani manajemen diabetes (selfefficacy). Semua hal tersebut tidak terlepas dari hal-hal yang mempengaruhi seperti anjuran para ahli, dukungan dari sesama penderita dan adanya kejadian terdahulu seperti yang dialami subjek saat ini (cues to action) ditambah pengaruh aspek sosio-demografis yang mempengaruhi subjek, seperti tingkat pendidikan,faktor usia, tingkat ekonomi serta peran sebagai ibu rumah tangga. Pendekatan Health Belief Model mampu mengungkap alasan-alasan seseorang dalam melakukan manajemen diabetes sehingga pendekatan ini sangat direkomendasikan untuk program penyuluhan bagi penderita diabetes mellitus yang belum melakukan manajemen diabetes atau bagi penderita yang baru didiagnosa diabetes mellitus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Diabetes, Diabetes Mellitus Tipe 2, Health Belief Model (HBM)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF173-175 Psychoanalysis
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Eliza Kusuma WardhaniNIM110810023
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Retno Surjaningrum, -NIDN0022027102
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:08
Last Modified: 15 Apr 2021 02:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105588
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item