Laras Kartika (2011) Studi Deskriptif Motivasi Membaca Literatur Berbahasa Inggris Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (COVER)
1. COVER.pdf Download (683kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (519kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (504kB) |
|
Text (BAB 1)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (627kB) |
|
Text (BAB 2)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 15 April 2024. Download (688kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 15 April 2024. Download (698kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 15 April 2024. Download (834kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
8. BAB V KESIMPULAN.pdf Restricted to Registered users only until 15 April 2024. Download (520kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (475kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 15 April 2024. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi membaca literatur berbahasa Inggris pada mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga. Penelitian dilakukan pada mahasiswa Psikologi angkatan 2007-2010 dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 258 orang. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan alat pengumpul data berupa kuesioner Motivasi Membaca Literatur Berbahasa Inggris yang disusun berdasarkan konsep Motivasi Membaca dalam Bahasa Asing oleh Mori (2002), dan terdiri atas empat dimensi, yaitu motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, pentingnya membaca dan kemampuan membaca. Kuesioner terdiri atas 44 aitem yang disusun sendiri oleh penulis. Validitas isi alat ukur didapatkan dari penilaian profesional dan dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, serta melalui uji seleksi aitem. Reliabilitas alat ukur skala motivasi membaca literatur berbahasa Inggris ini sebesar 0.961. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif dengan bantuan program statistik SPSS versi 16.0. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa motivasi membaca literatur berbahasa Inggris pada mahasiswa Psikologi berada pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung tidak terlalu terdorong untuk membaca literatur berbahasa Inggris, walaupun pada dimensi pentingnya membaca termasuk tinggi. Membaca literatur berbahasa Inggris ini dianggap penting oleh mahasiswa, akan tetapi motivasi mahasiswa untuk membaca literatur berbahasa Inggris tidak terlalu tinggi, salah satu penyebab yang mungkin adalah karena kurangnya kemampuan bahasa Inggris dan budaya Asia yang cenderung otonomi reaktif dimana arahan figur otoritatif seperti dosen dibutuhkan untuk memfasilitasi kegiatan belajar mandiri mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reading Motivation, Reading Behavior, Mahasiswa | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF173-175 Psychoanalysis |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | prasetyo adi nugroho | ||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2021 02:32 | ||||||
Last Modified: | 15 Apr 2021 02:32 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105595 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |