Fithra Auliawan (2020) Validasi Alat Ukur Digital Literacy pada Individu Dewasa Awal. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (790kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (790kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (936kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN TEORITIK.pdf Restricted to Registered users only until 15 April 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 15 April 2024. Download (948kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 15 April 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V SIMPULAN & SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 15 April 2024. Download (787kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (1MB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 15 April 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Pernyataan Kesediaan Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas skala digital literacy yang dikembangkan oleh Ng (2012) pada populasi individu dewasa awal di Indonesia. digital literacy adalah adalah beragam literasi yang diasosiasikan dalam penggunaan teknologi digital. Penelitian sebelumnya menunjukan bahwa skala digital literacy yang dikembangkan oleh Ng (2012) memiliki validitas cukup baik karena item pada skala memiliki nilai factor loading yang memenuhi kriteria validitas, yaitu diatas 0.4. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang menggunakan kuesioner online sebagai alat pengumpulan data. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 170 orang yang memiliki kriteria berusia 18-30 tahun dan merupakan pengguna teknologi digital. Analisis data dilakukan dengan exploratory factor analysis (EFA) menggunakan IBM SPSS statistic 22. Pada metode exploratory factor analysis (EFA) tersebut 2 kriteria digunakan untuk mengetahui jumlah faktor yang perlu dipertahankan yaitu, berdasarkan kriteria fixed number dan kriteria eigenvalues. Hasil penelitian menunjukan terdapat validitas skala digital literacy yang dikembangkan oleh Ng (2012) pada populasi individu dewasa awal di Indonesia. Berdasarkan analisis kriteria eigenvalues terdapat 3 faktor yang dihasilkan yaitu faktor kognitif, sosio-emosional, dan teknik dengan rentang nilai factor loading 0.49 dan -0.88, serta terdapat 1 item yang perlu dieliminasi. Berdasarkan analisis kriteria fixed number terdapat 1 faktor yang dihasilkan yaitu faktor digital literacy skill dengan rentang nilai factor loading 0.48-0.78 dan item yang dieliminasi berjumlah 3. Hasil uji reliabilitas menunjukan bahwa faktor teknik dan faktor digital literacy skill memiliki nilai reliabilitas yang baik, yaitu diatas 0.7. Berdasarkan hasil analisis tersebut menunjukan bahwa item skala digital literacy yang diuji pada penelitian ini memiliki validitas dan reliabilitas yang cukup baik karena memiliki nilai yang memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Studi lanjut diperlukan untuk menyempurnakan alat ukur digital literacy.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Psi.47-21 Aul v | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Measuring Instrument Validation, Digital Literacy, Early Adult Individuals, Exploratory Factor Analysis | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2021 16:28 | ||||||
Last Modified: | 15 Apr 2021 16:28 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105662 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |