Sexual Self-Concept Dan Perilaku Seksual Pada Perempuan Kalangan Night Society Kota Surabaya

Ravensca Audryn T (2013) Sexual Self-Concept Dan Perilaku Seksual Pada Perempuan Kalangan Night Society Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1 HALAMAN DEPAN .pdf

Download (93kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2 DAFTAR ISI.pdf

Download (22kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3 ABSTRAK.pdf

Download (22kB)
[img] Text (BAB I)
4 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB II)
5 BAB 2 PERSPEKTIF TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8 BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan gambaran sexual self- concept pada perempuan kalangan night society di kota Surabaya. Sexual self concept menurut Andersen dan Cyranowski (1994) adalah keseluruhan pandangan dari konsep diri individual sebagai bagian dari makhluk seksual yang meliputi aspek-aspek positif berupa hasrat dan dorongan seksual, serta aspek negatif berupa kekhawatiran, efek-efek negatif, dan rasa malu. Adanya pemahaman terhadap sexual self-concept menurut Andersen dan Cyranowski diharapkan dapat membantu indvidu untuk dapat mengorganisasi secara bijak pengalaman-pengalaman seksualnya serta membentuk suatu struktur dan motivasi yang baik terhadap sexual behavior tertentu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus intrinsik dengan tujuan untuk memperdalam kasus yang ada serta memperoleh pemahaman dan pandangan yang luas tentang fenomena yang terjadi tanpa mengesampingkan keunikan dari kasus. Pemilihan subyek berdasarkan atas kriteria tertentu. Kriteria subyek penelitian ini adalah sebagai berikut: perempuan dewasa awal dengan rentang usia 16-24 tahun, Aktif bersosialisasi/ dekat dengan kehidupan malam, memiliki pengalaman kehidupan seksual (Sexual Lifestyle), berdomisili di kota Surabaya. Pada penelitian ini subyek difokuskan pada para perempuan dalam gemerlap kehidupan dunia malam yang senantiasa mengundang kontraversi bagi masyarakat luas. Dari kriteria tersebut terpilih 3 orang yang dianggap representatif sebagai subyek penelitian ini. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik. Hasil penelitian ini mengungkap bahwa gambaran sexual self-concept yang positif ada pada perempuan kalangan night society kota Surabaya mengarah pada motif seksual tertentu yang membentuk perilaku seksual. Beberapa indikator aspek positif yang nampak paling dominan pada ketiga subyek antara lain kemampuan menikmati seks, mampu bereksperimen dalam seks, sensitif terhadap keinginan pasangan, sangat mengenal sisi sensual pada dirinya, sadar akan hasrat seksual. Para perempuan dari kalangan night society cenderung lebih percaya diri dalam menjalani kehidupannya karena merasa tidak memiliki batasan dari segi apapun dalam pergaulan, bahkan cenderung menjadi cuek terhadap pandangan masyarakat terhadap apa yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sexual self-concept, Perilaku seksual, Perempuan, Night society
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Ravensca Audryn TNIM110810044
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndah Mastuti, -NIDN0027017405
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 17 Apr 2021 04:06
Last Modified: 17 Apr 2021 04:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105743
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item