Penerapan Program “Tubuhku: Kukenal & Kujaga” untuk Meningkatkan Keterampilan Pencegahan Sexual Abuse pada Penyandang Disabilitas Intelektual Ringan di Masa Pubertas

Hapsari Puspita Rini (2014) Penerapan Program “Tubuhku: Kukenal & Kujaga” untuk Meningkatkan Keterampilan Pencegahan Sexual Abuse pada Penyandang Disabilitas Intelektual Ringan di Masa Pubertas. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (623kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (572kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (599kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (611kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (619kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Berbagai pemberitaan akhir-akhir ini mengungkapkan tingginya kasus sexual abuse pada anak-anak. Pada berbagai kasus ditemukan fakta bahwa sebagian besar pelaku pelecehan seksual ialah orang-orang yang mengenal korban. Anak-anak penyandang disabilitas kognitif ringan memiliki karakteristik dimana mereka kurang matang dalam melakukan interaksi sosial. Mereka kesulitan untuk mempersepsikan isyarat sosial yang diberikan orang lain secara tepat serta memiliki penilaian sosial yang kurang matang untuk usianya dimana kondisi ini membuat mereka beresiko tinggi dimanipulasi orang lain. Penelitian dengan metode multiple baseline design across participants ini bertujuan mengetahui apakah program ‘Tubuhku: Kukenal & Kujaga’ dapat meningkatkan keterampilan pencegahan sexual abuse pada penyandang disabilitas intelektual ringan di masa pubertas. Materi disampaikan dengan bahasa sederhana disertai berbagai gambar. Keterampilan diajarkan melalui behavior skill training serta role play berbagai contoh kasus sexual abuse. Pengukuran pengetahuan dilakukan melalui pretest-posttest, sedangkan pengukuran keterampilan dilakukan sejak baselne awal, pelaksanaan program, hingga in situ assessment. In situ training diberikan jika pada saat pelaksanaan in situ asssessment subjek tidak dapat menunjukkan perilaku yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun selama mengikuti program keterampilan subjek meningkat, namun subjek belum mampu melakukan generalisasi diluar program. Sehingga dapat dikatakan bahwa program ini tidak dapat meningkatkan keterampilan pencegahan sexual abuse pada penyandang disabilitas intelektual ringan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sexual Abuse, Pretest, Posttest, Behavior Skill Training, Role Play, In Situ Assessment, In Situ Training
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan
Creators:
CreatorsNIM
Hapsari Puspita RiniNIM111214153032
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPramesti Pradna Paramita, -NIDN0007028202
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:57
Last Modified: 21 Apr 2021 12:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105833
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item