Pelatihan Modifikasi Perilaku Untuk Meningkatkan Keterampilan Manajemen Kelas Pada Guru SD

Fina Firdaus (2012) Pelatihan Modifikasi Perilaku Untuk Meningkatkan Keterampilan Manajemen Kelas Pada Guru SD. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (675kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (639kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAKSI.pdf

Download (637kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (706kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan modifikasi perilaku mampu meningkatkan keterampilan manajemen kelas guru SD. Pengertian manajemen kelas dalam penelitian ini menggunakan teori Glover (1990) yang mendefinisikan bahwa manajemen kelas adalah suatu pendekatan tingkah laku untuk mengarahkan perilaku siswa di dalam kelas. Artinya, manajemen kelas adalah menciptakan rutinitas kegiatan belajar supaya berjalan lancar dan membantu mencegah munculnya masalah disiplin yang tidak perlu ada. Sedangkan modifikasi perilaku adalah usaha mengubah perilaku dan emosi manusia dengan cara yang menguntungkan berdasar hukum-hukum teori modern proses belajar (Eysenk dalam Soekadji, 1983). Penelitian ini dilakukan pada guru SD dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 14 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Alat pengumpul data berupa panduan observasi, kuesioner. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik paired sample t-test dengan bantuan SPSS versi 17.0 for windows. Berdasarkan hasil analis data penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan manajemen kelas guru SD sebelum dilakukan pelatihan modifikasi perilaku dengan setelah dilakukan modifikasi perilaku. Koefisien t 11,776 dengan signifikansi 0,000. Taraf signifikansi hasil observasi (p = 0,000) dengan t-hitung (11,776 ) > dari t-tabel (3,012). Adanya mean sebelum (12.57) yang lebih besar daripada sesudah (20.57) menunjukan adanya peningkatan rata-rata keterampilan manajemen kelas antara sebelum dilakukan pelatihan modifikasi perilaku dengan setelah dilakukan pelatihan modifikasi perilaku. Hasil yang kedua adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan antara sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan modifikasi perilaku dengan koefisien t 10,722 dengan signifikansi 0,000 (<0,05) dan t-hitung (10,722) > dari t-tebel (3,012. Adanya mean sebelum (14.43) yang lebih besar daripada sesudah (20.8) menunjukan adanya peningkatan rata-rata pengetahuan manajemen kelas antara sebelum dilakukan pelatihan modifikasi perilaku dengan setelah dilakukan pelatihan modifikasi perilaku.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Modifikasi Perilaku
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2801-3095 School administration and organization > LB3011-3095 School management and discipline
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Fina FirdausNIM111041058
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrihastuti, --
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 23 Apr 2021 03:35
Last Modified: 23 Apr 2021 03:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105994
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item