Perbedaan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Ditinjau dari Tingkat Self-Efficacy pada Anak Usia Sekokah Dasar di Daerah Bencana

Fima Herdwiyanti (2013) Perbedaan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Ditinjau dari Tingkat Self-Efficacy pada Anak Usia Sekokah Dasar di Daerah Bencana. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
1.abstrak.pdf

Download (557kB)
[img] Text (bab i pendahuluan)
2.BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (610kB)
[img] Text (bab ii kajian pustaka)
3.BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (bab iii metode penelitian)
4.BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (bab iv hasil penelitian)
5.BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text (bab v simpulan)
6,BAB V SIMPULAN.pdf

Download (512kB)
[img] Text (daftar pustaka)
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kesiapsigaan menghadapi bencana ditinjau dari tingkat self-efficacy anak usia sekolah dasar di daerah bencana. Penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat pengumpul data utama. Skala KesiapsiagaanMenghadapi Bencana yang disusun oleh peneliti didasarkan pada 8 dimensi kesiapsiagaan menghadapi bencana yang dikemukakan oleh Sutton & Tierney (2006) dan satu set alat ukur self-efficacy yang disusun oleh Schwarzer & Jerusalem (1979). Alat ukur kesiapsiagaan menghadapi bencana sebanyak 27 aitem yang terdiri dari 18 aitem favorable dan 9 aitem unfavorable. Sedangkan alat ukur self-efficacy terdiri dari 10 aitem favorable yang terbagi dalam 3 dimensi, yaitu Magnitude, Generality dan Strength. Pengujian reliabilitas alat ukur kesiapsiagaan menghadapi bencana dilakukan pada 50 orang subyek uji coba dan menunjukkan nilai Cronbach α sebesar 0,881 sedangkan alat ukur self-efficacy bernilai Cronbach α sebesar 0,643. Jumlah populasi penelitian sebanyak 109 orang namun sebanyak 7 orang tidak termasuk dalam kategori self-efficacy tinggi maupun self-efficacy rendah sehingga tidak diikutkan menjadi subjek penelitian ini. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik non-parametrik Mann-Whitney U test dengan bantuan program SPSS v.16 for Windows. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok self-efficacy tinggi dan kelompok self-efficacy rendah dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana. Besar taraf signifikansi 0,000 yaitu lebih kecil dari 0,05 sehingga perbedaan yang ada signifikan secara statistik. Nilai hasil perhitungan effect size yang didapatkan adalah 0.036 sehingga dapat dikatakan bahwa perbedaan yang ditimbulkan kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapsiagaan menghadapi bencana, self-efficacy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Fima HerdwiyantiNIM110810003
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDUNSPECIFIEDNIDN
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 25 Apr 2021 09:51
Last Modified: 25 Apr 2021 09:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106133
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item