Program Psikoedukasi Storytelling untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Orangtua Anak Usia Dini dalam Bercerita

Gredha Sonti Rea Siahaan (2015) Program Psikoedukasi Storytelling untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Orangtua Anak Usia Dini dalam Bercerita. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text (PEDAHULUAN)
2. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (281kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
3. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 26 April 2024.

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
4. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 April 2024.

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
5. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 April 2024.

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (SIMPULAN SARAN)
6. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 26 April 2024.

Download (92kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengadakan psikoedukasi storytelling kepada orangtua anak usia dini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua dalam bercerita. Cerita merupakan suatu keterkaitan antara sebuah kisah dengan pendengar. Keterkaitan tersebut tidak didasarkan hanya dari sebuah tindakan drama atau pembacaan cerita tertulis, tetapi didasarkan dari penciptaan citra mental melalui intonasi suara dan perhatian penuh dari pencerita. Kedua hal tersebut yang membantu pendengar terlibat secara langsung dalam pengalaman belajar. Komponen-komponen dalam cerita adalah teknik bercerita, cara menyusun cerita, bahasa dalam cerita, dan isi cerita. Penelitian dilakukan pada sekolompok individu, yaitu orangtua anggota dasawisma pada dusun Gadel RT 04 RW 06 Surabaya yang memiliki anak dalam rentang usia 5-6 tahun dan mengalami permasalahan dalam mengarahkan anak memahami apa yang orangtua harapkan. Subjek penelitian ini juga akan mengisi kuesioner Training Need Analysis (TNA) untuk mengetahui kebutuhan subjek penelitian. Analisis data dilakukan dengan uji statistik Wilcoxon Signed Rank Test dan memaparkan hasil observasi wawancara melalui verbatim dan koding. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh gambaran bahwa ada peningkatan pengetahuan dan keterampilan orangtua anak usia dini dalam bercerita setelah diadakannya program psikoedukasi storytelling. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesa penelitian ini diterima, yaitu ada pengaruh psikoedukasi storytelling kepada orangtua anak usia dini terhadap meningkatnya pengetahuan dan keterampilan orangtua dalam bercerita.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: psikoedukasi, storytelling, cerita, kompoenen dalam cerita
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Gredha Sonti Rea SiahaanNIM111314153010
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRudi Cahyono, -NIDN0010098104
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 26 Apr 2021 09:39
Last Modified: 26 Apr 2021 09:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106146
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item