Aisyiah Fajarwati F. (2014) Pengaruh Efikasi Diri, Minat, Dukungan Sosial terhadap Motivasi Berprestasi pada Siswa SMKN 8 Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (619kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (595kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (600kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (610kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (587kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (602kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi pada siswa SMK dan menganalisis seberapa besar pengaruh efikasi diri, minat dan dukungan sosial terhadap motivasi berprestasi pada siswa SMKN 8 Surabaya Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian sebayak 209 siswa dari populasi 454 siswa kelas X di SMK Negeri 8 Surabaya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dalam bentuk skala likert. Kuisioner motivasi berprestasi disusun penulis berdasarkan teori McClelland (1987) dengan aitem valid sebanyak 28 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,888. Kuisioner efikasi diri disusun oleh Hapsari (2013) berdasarkan teori Bandura (1997) sebanyak 30 aitem dengan reliabilitas 0,934. Kuisioner minat disusun penulis berdasarkan teori Renninger dan Hidi, 2002 (dalam Wigfield&Cambria, 2010) dengan aitem valid sebanyak 21 dan reliabilitas 0,921. Kuisioner dukungan sosial disusun Wulandari (2003) dan digunakan lagi oleh Ramadhani (2013) berdasarkan teori Weiss (dalam Cutrona, 1994) dan kuisioner di uji ulang validitas dan reliabilitasnya sehingga aitem valid sebanyak 31 dengan reliabilitas 0,904. Analisis dilakukan dengan teknik analisis regresi ganda, hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara efikasi diri, minat dan dukungan sosial terhadap motivasi berprestasi dengan F hitung sebesar 68.713 dengan sig. 0,000 < 0,005. Nilai R sebesar 0,708 dan adjusted R sebesar 0.494 hal ini berarti secara simultan 49% perubahan motivasi berprestasi dapat dipengaruhi efikasi diri, minat dan dukungan sosial. Dan hasil analisa data menunjukkan bahwa efikasi diri merupakan faktor yang paling mempengaruhi motivasi berprestasi dengan nilai β sebesar 0.607, t = 10.568 dan sig.0.000, sedangkan hasil analisis minat nilai β = 0.032, t = 0.642 dan sig.0.522 yang berarti minat tidak mempengaruhi motivasi berprestasi, dan dukungan sosial dengan nilai β = 0.047, t=1.195 dengan sig. 0.234 yang berarti dukungan sosial tidak mempengaruhi motivasi berprestasi.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Achievement Motivation, Self Efficacy, Interest, Social Support, Student SMKN | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 29 Apr 2021 07:13 | ||||||
Last Modified: | 05 May 2021 22:03 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106373 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |