Nadya (2014) Proses Pengambilan Keputusan Orangtua dalam Pemilihan Sekolah Dasar Internasional untuk Anak di Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (632kB) |
|
Text
2. ABSTRAKSI.pdf Download (595kB) |
|
Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (652kB) |
|
Text
4. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (670kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam menghadapi era globalisasi, secara umum dunia Pendidikan mengalami perkembangan yang cukup pesat yang ditandai dengan munculnya berbagai macam sekolah dengan metode pengajaran yang beragam. Dari berbagai kategori jenis sekolah yang ada di masyarakat saat ini, perkembangan sekolah internasional adalah yang tertinggi termasuk di Surabaya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat proses pengambilan keputusan orangtua dalam pemilihan sekolah dasar internasional di Surabaya dan diharapkan muncul faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan orangtua memilih sekolah tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pendidikan agar dapat bersaing dengan sekolah-sekolah swasta internasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilakukan kepada 3 orangtua yang menyekolahkan anak mereka di sekolah dasar internasional di Surabaya. Penggalian data dilakukan dengan teknik wawancara baik secara langsung maupun secara korespondensi dan dengan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dimana teknik ini terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap orangtua dalam proses pengambilan keputusan pemilihan sekolah dasar untuk anak mereka melalui beberapa tahap yaitu: (1) Faktor-faktor sebelum pengambilan keputusan; (2) Tahap kesadaran; (3) Tahap Penilaian; (4) Tahap Pemilihan. Selain itu ditemukan beberapa faktor yang mempengaruhi orangtua dalam memilih sekolah dasar internasional untuk anak mereka yaitu: (1) Sekolah tidak menitikberatkan kepada beban akademik; (2) Lingkungan sekolah yang terbentuk positif; (3) Metode pembelajaran yang menyenangkan; (4) Hubungan, interaksi serta komunikasi antara guru dengan murid dan juga pihak sekolah dengan orangtua lebih dekat dan terjalin dengan lancar.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Process of Parents’ Decision Making, International Elementary School | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 30 Apr 2021 03:54 | ||||||
Last Modified: | 05 May 2021 23:58 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106426 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |