Efektivitas Pelatihan Pengasuhan Among untuk Mengurangi Kecenderungan Orangtua Melakukan Penderaan pada Anak (Child Abuse)

Nilla Sari Dewi Iustitiani (2016) Efektivitas Pelatihan Pengasuhan Among untuk Mengurangi Kecenderungan Orangtua Melakukan Penderaan pada Anak (Child Abuse). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (781kB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (752kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (770kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (804kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA KONSEPTUAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (717kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Beberapa tahun belakangan ini, kasus kekerasan dan penelantaran atau penderaan pada anak semakin marak. Pada beberapa pemberitaan disebutkan bahwa anak sering kali menjadi korban penderaan yang dilakukan oleh orangtua, bahkan tidak jarang hingga berujung pada kematian anak. Berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya, maka diketahui bahwa salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengurangi penderaan pada anak yang dilakukan oleh orangtua adalah dengan memberikan pelatihan pengasuhan pada orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas intervensi dalam hal ini pelatihan pengasuhan berbasis budaya lokal“among” sebagai upaya untuk mengurangi kecenderungan orangtua melakukan penderaan pada anak. Penderaan pada anak perlu dicegah mengingat dampak yang ditimbulkan pada anak baik secara fisik maupun psikologis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experimental yang dilakukan pada orang tua di Kelurahan Putat Jaya, Kecamatan Sawahan, Surabaya yang memiliki kecenderungan melakukan penderaan pada anak. Sampel penelitian ini sebanyak 11 orang partisipan yang telah memenuhi kriteria sampel penelitian.Teknik analisis data yang digunakan adalah paired t-test, dimana peneliti terlebih dahulu memberikan pretest yang mengukur perilaku penderaan orang tua dan pengasuhan among kemudian alat ukur yang sama diujikan kembali setelah pelatihan selesai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan pengasuhan berbasis budaya lokal among efektif digunakan untuk menurunkan kecenderungan orangtua melakukan penderaan jika ditinjau dari aspek sikap dan perilaku orangtua. Sedangkan jika ditinjau dari aspek pengetahuan, maka pelatihan pengasuhan berbasis budaya lokal among tidak efektif digunakan untuk menurunkan kecenderungan orangtua melakukan penderaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Child Abuse, Parenting Based on Local Custom Among
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Nilla Sari Dewi IustitianiNIM111414253005
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlham Nur AlfianNIDN0001097603
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Apr 2021 06:00
Last Modified: 06 May 2021 00:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106442
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item