Retno Khuswanti (2014) Pengaruh Penerapan Pendekatan Interaktif dengan Materi Tugas Perkembangan untuk Meningkatkan Kemandirian pada Remaja. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (931kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (680kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (763kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (733kB) |
|
Text
5. BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (787kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan interaktif dengan materi tugas perkembangan untuk meningkatkan kemandirian pada remaja kelas VIIIG di SMP Negeri 5 Surabaya. Kemandirian memegang peranan penting dan membawa dampak yang positif bagi remaja, karena kemandirian adalah satu bagian dari tugas perkembangan yang harus dicapai oleh remaja sebagai persiapan untuk melangkah ke masa depan. Desain eksperimen dalam penelitian ini menggunakan pre test dan post test design. Subjek adalah siswa kelas VIIIG yang berusia antara 12 – 15 tahun, dan berjumlah 38 siswa. Alat pengambilan data yang digunakan adalah skala kemandirian yang terdiri dari 34 item dan menggunakan norma Stanfive skala untuk mengukur kenaikan skor kemandirian siswa pada saat dilakukan pre test dan post test setelah eksperimen. Tehnik analisa data dalam penelitian ini menggunakan Uji statistic Wilcoxon dengan bantuan SPSS 20.00. Berdasarkan hasil uji dari analisa data penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor kemandirian pre test dan post test setelah dilakukannya eksperimen. Dapat dilihat dari perolehan jumlah skor kemandirian sebelum dilakukan pendekatan interaktif untuk kategori sangat rendah dari 1 siswa menjadi 0 (nol) siswa, rendah dari 8 siswa menjadi 1 siswa, sedang dari 26 siswa menjadi 1 siswa, tinggi dari 3 siswa menjadi 2 siswa dan sangat tinggi dari 0 (nol) siswa menjadi 34 siswa. Kemudian dari hasil Uji Wilcoxon, dapat dilihat bahwa nilai asymp sig = 0,00 < α = 0,05 maka Ho ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan pada tingkat kemandirian sebelum dan sesudah dilakukan eksperimen dengan pendekatan interaktif.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interactive Approach, Independence, Learning | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 01 May 2021 18:31 | ||||||
Last Modified: | 01 May 2021 18:31 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106455 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |