Praktek Pengasuhan Ibu Bekerja yang Memiliki Anak Bayi ditinjau dari Domain Bornstein

Betakristina Kurniawidhi (2015) Praktek Pengasuhan Ibu Bekerja yang Memiliki Anak Bayi ditinjau dari Domain Bornstein. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (895kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (797kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (859kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (958kB)
[img] Text
5. BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only until 3 May 2024.

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 May 2024.

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 May 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 May 2024.

Download (801kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (998kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek pengasuhan ibu bekerja yang memiliki anak usia bayi. Pengasuhan pada anak, terutama pada masa golden age menjadi fokus utama dalam masa perkembangan anak karena pada masa ini lingkungannya memiliki dampak yang besar terhadap perkembangan anak. pengasuhan merupakan awal dan mencakup segala ekologi perkembangan bayi. Peran pengasuh adalah peran dalam memenuhi kebutuhan pemeliharaan dan perawatan anak agar kesehatannya terpelihara sehingga diharapkan mereka menjadi anak – anak yang sehat baik fisik, mental, sosial dan spiritual. Tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini ditinjau dari domain pengasuhan Bornstein yaitu nurturant caregiving, social caregiving, didactic caregiving, dan material caregiving. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan jumlah subjek sebanyak 3 orang yang memiliki kriteria seorang wanita yang memiliki anak bayi (0-2 tahun) dan bekerja di sebuah institusi atau membuka usaha sendiri. Metode penggalian data dengan wawancara, observasi dan catatan lapangan. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik, dengan menggunakan koding dari hasil wawancara yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuhan anak bayi oleh ibu yang bekerja lebih dominan pada domain nurturant caregiving seperti menyediakan makanan yang bergizi untuk anak, memperhatikan jadwal makan anak, memandikan, serta memberi pakaian. Didactic caregiving kurang menjadi perhatian karena partisipan merasa anak masih terlalu kecil untuk melakukan pengenalan dan pengajaran, sehingga fokus utama ibu masih pada perawatan dan pemenuhan kebutuhan dasar anak. Social caregiving dapat dilihat dari kedekatan antara ibu dan anak dimana ibu sering memeluk, mencium, tersenyum pada anak. Kedekatan ini dapat dibuktikan juga dengan anak memilih untuk tetap bersama ibu meskipun ibu tidak sepenuhnya dapat memenuhi kebersamaan dengan anak. Penyediaan pengasuh lain untuk menjaga anak, membelikan mainan, selalu mengunci pagar rumah merupakan bentuk material caregiving yang ditampilkan masing-masing orang tua. Walau masalah waktu merupakan kendala yang dihadapi oleh ibu yang bekerja, akan tetapi masing-masing partisipan tidak menganggap hal tersebut sebagai masalah yang besar selama anak masih ada dalam pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Kur p
Uncontrolled Keywords: praktek pengasuhan, ibu bekerja, pengasuhan bayi
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ1101-2030.7 Women. Feminism
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Betakristina KurniawidhiNIM110911011
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDewi Retno SuminarNIDN0013036606
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 03 May 2021 12:35
Last Modified: 03 May 2021 12:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item