Hubungan Antara Tingkat Kematangan Emosi Dengan Tingkat Agresi Pada Remaja Madya Laki – Laki Dengan Status Ekonomi Menengah Ke Bawah

Imadatul Khoir (2011) Hubungan Antara Tingkat Kematangan Emosi Dengan Tingkat Agresi Pada Remaja Madya Laki – Laki Dengan Status Ekonomi Menengah Ke Bawah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (978kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (706kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (642kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (820kB)
[img] Text
5. BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (730kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan apakah ada hubungan yang negative antara kematangan emosi dengan agresi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa, mengetahui dan menguji hubungan antara tingkat kematangan emosi dengan tingkat agresi. Hipotesis kerja (Ha) yang diajukan adalah sebagai berikut: ada hubungan yang negatif antara tingkat kematangan emosi dengan tingkat agresi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan bertipe explanatory research, karena penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel penelitian melalui pengujian hipotesis yang sebelumnya telah dirumuskan. Penelitian ini memiliki 1 variabel bebas (X), yaitu tingkat kematangan emosi dan 1 variabel terikat (Y), yaitu tingkat agresi. Populasi dalam penelitian ini adalah 43 orang remaja madya laki-laki yang memiliki karakteristik sebagai berikut: remaja madya yang berusia 15-18 tahun, berjenis kelamin laki-laki, dan siswa X Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling yaitu teknik dimana pengambilan sampelnya secara kebetulan oleh peneliti dan sampel tersebut mewakili karakteristik yang ada pada populasi tersebut. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 40 orang remaja madya laki-laki. Peneliti menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data yang item-itemnya dibuat berdasarkan indikator-indikator tiap variabel. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment oleh Karl Pearson dengan bantuan SPSS versi 16.0 for Windows. Dari hasil analisis, diperoleh p = 0,001.dan rxy = -0,513 sehingga hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan bahwa ada hubungan yang negatif antara tingkat kematangan emosi dengan tingkat agresi dapat diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi tinggi kematangan emosi, maka semakin rendah tingkat agresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat kematangan emosi, tingkat agresi, remaja madya laki-laki
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Imadatul KhoirNIM. 110610215
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 04 May 2021 04:22
Last Modified: 04 May 2021 04:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106632
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item