Kontribusi Organizational Justice dan Tipe Kepribadian (Big Five Personality) dalam Mempengaruhi Work Engagement pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bappeda Kabupaten Berau Provinsi Kal-Tim

Febriannisa (2013) Kontribusi Organizational Justice dan Tipe Kepribadian (Big Five Personality) dalam Mempengaruhi Work Engagement pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bappeda Kabupaten Berau Provinsi Kal-Tim. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (891kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (754kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (613kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (698kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 4 May 2024.

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 4 May 2024.

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 4 May 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 4 May 2024.

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (656kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Organizational Justice dan Tipe Kepribadian terhadap Work Engagement pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bappeda Kabupaten Berau. Organizational Justice adalah persepsi individu atas keadilan penghargaan yang ditawarkan oleh suatu organisasi. Organizational Justice terdiri dari Distributive Justice, Procedural Justice dan Interactional Justice. Tipe Kepribadian yang diteliti disini menggunakan tipe kepribadian Big Five Personality yang terdiri atas Extroversion, Agreeableness,Conscientiousness, Emotional Stability, dan Openess to Experience. Organizational Justice dan Tipe Kepribadian terbukti memiliki pengaruh terhadap naik turunnya work engagement seseorang. Penelitian ini dilakukan di Kantor Bappeda Kabupaten Berau dengan jumlah subjek sebanyak 40 orang. Alat pengumpulan data berupa skala Ultrecht Work Engagement Scale (UWES), Skala Organizational Justice (Niehoff and Moorman, 1993) dan skala Tipe kepribadian IPIP. Teknik analisa data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari segi Organizational Justice dan Tipe Kepribadian memberikan kontribusi sebesar 71,4 % dimana variabel yang berpengaruh signifikan dari segi organizational justice adalah Distributive Justice dan Interactional Justice. Sehingga dengan adanya distributive dan interactional justice pegawai juga akan berlaku adil pada organisasi dengan cara membangun ikatan emosi yang lebih dalam pada organisasi dan menjadi penggerak work engagement. Sedangkan dari segi tipe kepribadian, variabel yang berpengaruh signifikan adalah Extroversion, Conscientiousness dan Emotional Stability. Dengan memahami pengaruh tipe kepribadian, dapat dijadikan kesempatan bagi organisasi untuk mengikat pekerja dengan lebih efektif dengan memahami keunikan dan perbedaan mereka.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: HANYA TERSEDIA FILE
Uncontrolled Keywords: Work Engagement, Organizational Justice, Big Five Personality
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
FebriannisaNIM110941035
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSeger Handoyo, -NIDN0016026602
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 04 May 2021 12:32
Last Modified: 04 May 2021 12:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106697
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item