Proses Coping Pada Remaja Mantan Pecandu Game Online

Brian Pradipta Anjasmara (2016) Proses Coping Pada Remaja Mantan Pecandu Game Online. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI .pdf

Download (675kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (743kB)
[img] Text (BAB II PERSPEKTIF TEORITIS)
5. BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2024.

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2024.

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2024.

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 10 May 2024.

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (669kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 May 2024.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses coping remaja sebelum berhenti dari adiksi game online dan setelah berhenti dari adiksi game online. Proses coping terdiri dari beberapa tahap, yaitu: 1) situasi penentu, yang merupakan pendorong munculnya coping; 2) proses penilaian, yang terdiri dari penilaian primer dan sekunder dimana individu menilai situasi yang dihadapi dan sumber daya yang dimiliki untuk mengatasinya; 3) coping, respon individu terhadap situasi atau stressor; dan 4) hasil, yang merupakan perubahan yang dialami setelah melakukan coping (Frydenberg, 1997) Penelitian dilakukan pada 4 partisipan yang terdiri dari 3 laki-laki dan 1 perempuan. Partisipan penelitian ini merupakan individu yang pernah mengalami adiksi game online ketika remaja. Partisipan setidaknya telah berhenti dari adiksinya setidaknya selama 8 bulan. Pengumpulan data menggunakan teknikkualitatif. Teknik ana lisis yang digunakan adalah analisis tematik denganmelakukan koding terhadap hasil transkrip wawancara yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua partisipan memiliki perbedaan dalam proses coping sebelum berhenti dari adiksi game online dan setelah berhenti dari adiksi game online. Perbedaan tersebut terletak pada cara coping mereka dimana sebelum berhenti dari adiksi game online mereka menggunakan game online sebagai coping utama mereka dalam permasalahan sehari-hari. Setelah berhenti dari adiksinya, semua partisipan cenderung melakukan aktivitas yang dilakukan bersama orang lain seperti jalan-jalan bersama atau sekedar mengobrol sebagai coping mereka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Coping, Adiksi, Remaja, Online Game
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Brian Pradipta AnjasmaraNIM111111086
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAfif KurniawanNIDN0014108501
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 06 May 2021 02:34
Last Modified: 06 May 2021 02:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106846
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item