Kamelia Widyati (2014) Hubungan Antara Perceived Organizational Support Dan Pekerjaan Yang Bermakna Dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Yang Telah Menerima Sertifikasi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (689kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (646kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (644kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (672kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (647kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara perceived organizational support dan pekerjaan yang bermakna dengan kinerja guru sekolah dasar yang telah menerima sertifikasi. Kinerja adalah keseluruhan perilaku dan aktivitas yang penting bagi pencapaian tujuan organisasi (Campbell, 1990). Perceived organizational support adalah keyakinan yang dimiliki karyawan mengenai bagaimana organisasi menghargai kontribusi karyawan dan memperhatikan kesejahteraan mereka (Eisenberger dkk, 1986). Sedangkan pekerjaan yang bermakna adalah pengalaman kerja yang secara subjektif dianggap bermakna bagi individu (Steger dkk, 2012). Penelitian ini dilakukan pada guru sekolah dasar di Kecamatan Sawahan, Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden. Alat pengumpul data yang digunakan berupa skala kinerja guru (25 item valid), skala perceived organizational support (8 item valid) yang disusun oleh Eisenberger dkk (1986) dan skala pekerjaan bermakna (10 item valid) yang disusun oleh Steger dkk (2012). Reliabilitas skala kinerja guru (r) adalah 0,843, reliabilitas skala perceived organizational support (r) adalah 0,786, dan reliabilitas skala pekerjaan yang bermakna (r) adalah 0,822. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan teknik uji korelasi Spearman’s rho dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang menggunakan taraf signifikansi sebesar 0,10, diperoleh dua kesimpulan, yaitu: (1) Adanya hubungan antara perceived organizational support dengan kinerja guru sekolah dasar yang telah menerima sertifikasi, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,229 dengan taraf signifikansi 0,062; (2) Tidak adanya hubungan antara pekerjaan yang bermakna dengan kinerja guru sekolah dasar yang telah menerima sertifikasi, yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,042 dengan taraf signifikansi sebesar 0,734.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | performance, perceived organizational support, meaningful work, teacher | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Novita | ||||||
Date Deposited: | 06 May 2021 03:23 | ||||||
Last Modified: | 08 Sep 2021 06:27 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106857 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |