Efektivitas Intervensi Pengurangan Tingkat Stres dengan Pendekatan Mindfulness terhadap Burnout Syndrome pada Perawat di Rumah Sakit

Deviea Prandesya (2020) Efektivitas Intervensi Pengurangan Tingkat Stres dengan Pendekatan Mindfulness terhadap Burnout Syndrome pada Perawat di Rumah Sakit. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (735kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (251kB)
[img] Text
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text
5. BAB 2 METODE.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2024.

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3 HASIL DAN ANALISIS.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2024.

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2024.

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 14 June 2024.

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Permohonan Embargo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Perawat merupakan populasi yang rentan mengalami stres dan burnout. Penyebab stres pada perawat sebagian besar berasal dari pekerjaan yang terkait dengan profesi perawat, antara lain jam kerja yang panjang, menghadapi rasa sakit, kehilangan dan perasaan menderita dari pasien, merawat pasien yang sekarat dan memberikan dukungan kepada keluarga pasien. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa bukti penelitian dalam bentuk artikel yang berhubungan dengan efektivitas intervensi pengurangan tingkat stress dengan pendekatan mindfulness terhadap burnout syndrome pada perawat di rumah sakit. Metode: Pencarian literatur yang digunakan pada systematic review ini dilakukan pada Januari 2021 menggunakan lima database internasional (Scopus, Science Direct, CINAHL, PubMed, and ProQuest) dan satu database nasional (Garuda). Literatur yang digunakan merupakan artikel penelitian cross-sectional, quasi-experimental and randomized control and trial design. The Center for Review and Dissemination and the Joanna Briggs Institute Guideline digunakan untuk menganalisa kualitas artikel yang digunakan dan PRISMA checklist sebagai panduan untuk mengevaluasi artikel yang digunakan. Judul, abstrak, teks lengkap dan metodologi dinilai untuk kelayakan studi, dan sintesis hasil dianalisis menggunakan naratif untuk setiap tema. Hasil: Penilaian resiko bias dilakukan untuk menentukan arikel yang digunakan. Ditemukan dua puluh lima artikel yang memenuhi kriteria inklusi dalam systematic review ini. Penyajian hasil ditentukan berdasarkan tujuh tema besar, yaitu: 1) Menurunkan gejala stres, cemas, depresi dan burnout; 2) Meningkatkan resiliensi terhadap stress dan burnout; 3) Meningkatkan suasana hati dan kepuasan ; 4) Meningkatkan efisiensi kinerja; 5) Meningkatkan persepsi positif pada stress; 6) Meningkatkan konsentrasi; dan 7) Meningkatkan kesejahteraan psikologis perawat. Kesimpulan: Efektifitas mindfulness adalah menurunkan gejala stress, depresi, burnout syndrome, meningkatkan konsentrasi, pemikiran positif, resiliensi dan meningkatkan kesejahteraan psikologis. Penerapan intervensi yang diberikan tergantung kondisi dari individu yang akan menerima intervensi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP.63-21 Pra e
Uncontrolled Keywords: Burnout Syndrome; Mindfulness; Stress; Nurse
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Deviea PrandesyaNIM131614153088
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalamNIDN0025126601
Thesis advisorTiyas KusumaningrumNIDN0003078302
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:42
Last Modified: 14 Jun 2021 04:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/107804
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item