Pengaruh Efikasi Diri Dan Penyesuaian Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19

Ifan Maulana (2021) Pengaruh Efikasi Diri Dan Penyesuaian Diri Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (697kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 3 August 2024.

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 3 August 2024.

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 3 August 2024.

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 3 August 2024.

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 August 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
Pernyataan Kesediaan Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan penyesuaian diri terhadap stres akademik pada mahasiswa masa pandemi. Saat belajar dimasa pandemi Covid-19, mahasiswa diwajibkan untuk mengkonversi 100% pembelajaran online ke dalam berbagai metode dari berbagai media elektronik melalui metode berikut: whatsapp group, zoom, Google classroom, school, youtube. Perubahan tersebut menyebabkan mahasiswa mengalami stres akademik dan peneliti ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh antara efikasi diri dan penyesuaian diri terhadap stress akademik. Stres akademik yang dikembangkan dari sarafino and smith (2012) dan faktor yang mempengaruhi stres akademik adalah salah satunya efikasi diri yang disusun oleh Bandura (1997) dan penyesuian diri menggunakan teori baker (1984). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan secara daring/online. Metode penelitian menggunakan tipe penelitian kuantitatif dengan alat pengumpulan data menggunakan survey melalui google form. Dalam menganalisis data menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil analisis menunjukkan regresi menyebutkan bahwa terdapat 18,1% pengaruh secara bersamaan antara efikasi diri dan penyesuaian diri terhadap stres akademik. Sedangkan pengaruh antara efikasi diri terhadap stress akademik sebesar 68% dan penyesuaian diri terhadap stress akademik sebesar 10,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.92/21 Mau p
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, stres akademik, penyesuaian diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Ifan MaulanaNIM111511133197
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlham Nur Alfian, -NIDN0001097603
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 03 Aug 2021 04:22
Last Modified: 03 Aug 2021 04:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/109092
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item