Pemodelan Niat Pembelian Kembali Pada Pelanggan Marketplace Berdasarkan Metode Structural Equation Modeling Dengan Pendekatan Partial Least Square (Studi Kasus Di Marketplace Shopee)

Hendras Annisa Sandri, - (2021) Pemodelan Niat Pembelian Kembali Pada Pelanggan Marketplace Berdasarkan Metode Structural Equation Modeling Dengan Pendekatan Partial Least Square (Studi Kasus Di Marketplace Shopee). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (428kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (196kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2024.

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2024.

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2024.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 November 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
11. PERMOHONAN EMBARGO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, dunia internet juga serta merta berkembang pesat. Lembaga survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memaparkan jumlah pengguna internet di Indonesia periode tahun 2019-kuartal II tahun 2020 sebesar 73,7 persen. Hal tersebut menunjukkan masyarakat membutuhkan internet untuk kegiatan sehari-hari bahkan dalam berbelanja online di sebuah marketplace. Marketplace yang berkembang pesat di Indonesia tahun 2020 adalah Shopee, namun di awal tahun 2021 Tokopedia terpantau memiliki traffic share sebesar 32,04% yang membuat Shopee berada di urutan kedua dengan traffic share sebesar 29,78%. Semakin banyak jumlah pengguna tidak menjadikan pelanggan selalu percaya dan melakukan niat pembelian kembali pada sebuah marketplace. Marketplace Shopee dan penjual di marketplace Shopee harus mengetahui dan memahami cara menciptakannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan variabel manfaat yang dirasakan pelanggan berbasis mekanisme untuk membangun sebuah kepercayaan dalam marketplace terhadap niat pembelian kembali dengan pendekatan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan dari 150 responden pelanggan marketplace Shopee di Surabaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel mekanisme berbasis pihak ketiga dan mekanisme berbasis penjual berpengaruh terhadap kepercayaan pada marketplace. Variabel mekanisme berbasis penjual dan mekanisme berbasis pengalaman berpengaruh terhadap kepercayaan pada penjual. Variabel kepercayaan pada marketplace dan kepercayaan pada penjual berpengaruh terhadap niat pembelian kembali. Nilai keseluruhan model didapatkan dengan metode Goodness of Fit Index sebesar 0,8086 yang artinya jika nilai GoF ≥ 0,36 maka model memiliki kemampuan yang tinggi dalam menjelaskan data sehingga secara keseluruhan dapat dikatakan model yang terbentuk adalah valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KKC KK ST.S.17/21 San p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA273-280 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
Hendras Annisa Sandri, -NIM081711833054
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdi Kurniawan, -NIDN0028056805
Thesis advisorH. Sediono, -NIDN0007126105
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 04 Nov 2021 01:28
Last Modified: 11 Jan 2022 01:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/112134
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item