Hubungan Tingkat Harga Diri Dengan Pembelian Impulsif Pada Individu Dewasa Awal Pemain Permainan Online

Adityo Wahyu Wicaksono, - (2022) Hubungan Tingkat Harga Diri Dengan Pembelian Impulsif Pada Individu Dewasa Awal Pemain Permainan Online. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Hubungan Tingkat Harga Diri Dengan Pembelian Impulsif Pada Individu Dewasa Awal Pemain Permainan Online _ Adityo Wahyu Wicaksono.pdf

Download (769kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Permainan online menyebabkan beberapa masalah di Indonesia. Dalam wawancara yang dilakukan Kamaliah (2019) ditemukan banyak individu yang melakukan pembelajaan impulsif dalam permainan online Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk hubungan harga diri dengan pembelian impulsif pada individu dewasa awal pemain permainan dengan microtransactions. Penelitian ini menggunakan metode survei. Alat ukur yang digunakan adalah Rosenberg Self Esteem Scale dan Impulse Buying Tendency Scale. Populasi dari penelitian ini adalah 68 individu dewasa awal berumur 20-39 tahun yang sudah pernah melakukan transaksi dalam permainan online. Hasil dari penelitian ini adalah tidak adanya korelasi signifikan antara harga diri dengan pembelian impulsif (r=-0,146, p=0,234). Hal ini disebabkan oleh adanya penolakan dari komunitas pada pemain yang membeli keuntungan dan faktor budaya kolektivis di Asia yang mencegah perilaku pembelian impulsif.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Belanja Impulsif, Harga Diri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Adityo Wahyu Wicaksono, -111411131150
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, -0020056510
Depositing User: Adityo Wahyu Wicaksono
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:39
Last Modified: 02 Feb 2022 02:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/113390
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item