Anteseden dan Konsekuensi Kepercayaan Nasabah Asuransi Syariah

Ririn Tri Ratnasari, - (2019) Anteseden dan Konsekuensi Kepercayaan Nasabah Asuransi Syariah. In: Bunga Rampai Pembangunan. Zifatama Jawara (Group of Jakad Publishing), Surabaya, Indonesia, pp. 189-220. ISBN 978-602-5815-93-5

[img] Text (Artikel)
Ririn TR_Karil602_Anteseden dan Konsekuensi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
Ririn TR_Peer Review602.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Syarat Tambahan 1)
Ririn TR_Syarat Tambahan1_Bimbingan S1.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Syarat Tambahan 2)
RirinTR_Syarat-tambahan_Bimbingan_S2-S3.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelanggan membutuhkan kepercayaan untuk dapat terlibat dalam pemasaran relasional, oleh karena itu pemahaman pemasaran relasional dari sudut pandang nasabah adalah timbulnya kepercayaan antara pemasar dengan nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh anteseden dan konsekuensi variabel kepercayaan nasabah, di mana kepercayaan menjadi sangat penting bagi nasabah dalam menggunakan jasa asuransi syariah. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah yang membayar polis asuransi syariah Takaful minimal selama 3 tahun, di mana mereka telah mengenal dengan baik antara produk asuransi syariah dengan sales person dan pegawai di kantor Asuransi Syariah Takaful. Jumlah sampel yang diteliti adalah 100 orang, hal ini didasarkan pada pendapat dari Aaker (1999407) bahwa jenis ukuran sampel regional atau wilayah adalah 100 hingga 200 orang. Teknik pengambilan sampel berdasarkan non probability sampling, di mana peneliti tidak dapat memperoleh dafar seluruh anggota populasi (Danim, 1997:93). Cara penarikan sampel adalah purposive sampling, yaitu sengaja sampel yang dipilih adalah subyek yang tidak hanya sebagai pelaku langsung (pelanggan), akan tetapi juga memahami permasalahan penelitian yang menjadi fokus kerja peneliti (Danim, 1997:98). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik partial least square (PLS). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel• variabel anteseden yaitu sales person's customer orientation, sales person's selling orientation, sales person's expertise, sales person's responsivenesss, sales person's communication, sales person's reability dan sales person's likeability mempengaruhi kepercayaan seorang nasabah asuransi syariah. Adapun untuk kepercayaan nasabah mempengaruhi variabel-variabel konsekuensinya, yaitu customer's intention to recommend, customer's intention to rebuy/cross, dan customer's intention to switch to competitor, customer's intention to buy with price premium, dan customer's intention to give positive word of mouth pada penyedia jasa asuransi syariah.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Anteseden, Konsekuensi, and Kepercayaan
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
Ririn Tri Ratnasari, -NIDN0026117504
Depositing User: Tn Sugeng Riyanto
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:59
Last Modified: 12 Apr 2022 05:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114196
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item