BEBERAPA MASALAH CERAI TALAK YANG DIJATUHKAN DI LUAR SIDANG PENGADILAN MENURUT HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG PERKAWINAN

MIFTAHURROCHMAH (2013) BEBERAPA MASALAH CERAI TALAK YANG DIJATUHKAN DI LUAR SIDANG PENGADILAN MENURUT HUKUM ISLAM DAN UNDANG-UNDANG PERKAWINAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf

Download (883kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Talak adalah salah satu bentuk cara yang dibenarkan dalam Hukum Islam untuk memutuskan akad nikah antara suami istri. Pemutusan ikatan perkawinan ini dengan cara mengucapkan secara suka rela ucapan talak kepada istrinya. Dalam pengkajian fikih, "Ta'rif talak menurut bahasa Arab berarti melepaskan ikatan. Yang dimaksud disini adalah melepaskan ikatan perkawinan. Hal seperti inilah yang nampaknya banyak dipahami oleh umat Islam tentang talak dan terjadinya talak untuk memutuskan hubungan perkawinannya. Jadi seolah-olah Hukum Islam memberi hak dan kewenangan yang tak terbatas untuk mencerai istri melalui lembaga talak. Kemudian hak dan kewenangan untuk mentalak ini digunakan tanpa mengenal tempat dan waktu, begitu juga tentang alasan-alasan yang diberikan dalam menjatuhkan talak. Walaupun sudah menjadi ketentuan dalam hukum Islam bahwa talak adalah hak laki-laki atau suami. Dalam Hukum Islam itu sendiri tentang talak ini di samping Allah memperkenankan adanya hak talak Allah juga memberi suatu aturan-aturan yang gunanya untuk lebih berhatihati didalam menjatuhkan talak , sehingga seorang suami tidak dengan mudah dalam menjatuhkan talak kepada istrinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Per.1821/94 Mif b
Uncontrolled Keywords: DIVORCE - LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ811-960.7 Divorce
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
MIFTAHURROCHMAHUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdoel Mutholib, S.HUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 01 Aug 2013 12:00
Last Modified: 29 Sep 2016 03:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11463
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item