Over Ekspresi Gen-Gen Penyandi Enzim Xilanolitik (Ptp510) Ke Dalam Sel Inang Komersial Serta Pemanfaatan Produk Hidrolisisnya Sebagai Anti-Mikroba Dan Prebiotik

Ni Nyoman Tri Puspaningsih and Eddy Bagus Wasito and Bambang Prajogo Eko Wardojo (2008) Over Ekspresi Gen-Gen Penyandi Enzim Xilanolitik (Ptp510) Ke Dalam Sel Inang Komersial Serta Pemanfaatan Produk Hidrolisisnya Sebagai Anti-Mikroba Dan Prebiotik. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
KKC LP 76 10 Pus L.pdf

Download (6MB)

Abstract

Enzim xilanolitik berperan penting dalam menghidrolisis substrat Xilan. Substrat xilan banyak terkandung dalam limbah pertanian, seperti limbah tongkol jagung, jerami padi, ampas tebu, limbah padat kelapa sawit dan lain-lain. Kompleks enzim xilanolitik terdiri dari lima jenis enzim, yaitu endo-xilanase, arabinofuranosidase, xilosidase, glukuronidase, dan esterase. Hidrolisis total limbah pertanian kaya xilan oleh kelima enzim kelompok xilanolitik tersebut akan mampu menghasilkan monomer xilosa, arabinosa, glukuronat dan xilo- oligosakarida. Produk xilo-oligosakarida dapat dimanfaatkan sebagai bahan prebiotik dan anti-bakteri, namun penelitian ini tergolong masih dalam taraf penelitian di laboratorium dan belum dilakukan secara aplikatif.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP 76-10 Pus l
Uncontrolled Keywords: Enzim; antimikroba; prebiotik
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
Ni Nyoman Tri PuspaningsihNIDN0015066305
Eddy Bagus WasitoUNSPECIFIED
Bambang Prajogo Eko WardojoUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:09
Last Modified: 11 Apr 2022 04:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114965
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item