Ratih Puspa, - and Dian Yulie Reindrawati, - and Sulikah Asmorowati, - (2005) Argumen Pemerintah Dalam Kebijakan Kenaikan Harga Bbm: Sebuah Rhetorical Analysis Pada Iklan Layanan Masyarakat Dari The Freedom Institue Kementerian Komunikasi Dan Informasi. Laporan Penelitian. LEMBAGA PENELITIAN, Surabaya. (Unpublished)
Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 LP. 03-07 PUS A.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penerapan dari kajian Komunikasi Organisasi Dan Kehumasan. Sebuah organisasi adalah sebuah entitas yang tidak hidup dalam ruang vacuum. Karena organisasi hidup di tengah-tengah masyarakat, maka organisasi harus mampu beradaptasi serta menjalin hubungan yang baik dengan lingkungan sekitamya. Salah satu tantangan yang dihadapi oleh organisasi adalah ketika organisasi itu harus berhadapan dengan isu yang kontroversial. Hal inilah yang dialami oleh Pemerintahan SBY dan The Freedom Institute ketika berhadapan dengan isu kenaikan harga BBM. Dalam situasi seperti ini organisasi dituntut untuk mampu berkomunikasi dengan publik yang memiliki kepentingan yang sama dengan organisasi. Dengan menggunakan kajian Retorika, penelitian ini bermaksud untuk mengungkapkan bagaimana sebuah organisasi memformulasikan pesannya, argumen-argumen yang dipakai, serta gaya retorika apa yang digunakan dalam situasi kontroversial semacam itu dengan menganalisis Iklan Layanan Masyarakat dari The Freedom Institute dan Kementerian Komunikasi dan Informasi. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah teori-teori yang berkaitan dengan komunikasi organisasi, kehumasan, dan retorika. Juga akan dibahas tentang fungsi retorika bagi masyarakat serta relevansi retorika bagi masyarakat moderen seperti sekarang ini. Secara spesifik akan dibahas tentang berbagai macam teknik dan gaya retorika serta macam-macam aspek retorika yang nantinya akan diaplikasikan dalam penelitian ini. Secara khusus penelitian ini menggunakan konsep-konsep Retorika dari Aristoteles. Metode Penelitian yang dipakai adalah Analisis Retorika. Analisis ini merupakan salah satu bagian dari metode analisis tekstual kualitatif. Penelitian dilakukan dengan menganalisis serta mengaplikasikan aspeka aspek Retorika Ethos, Pathos, Logos, Aim, dan Mode ke dalam objek penelitian yaitu Iklan Layanan Masyarakat tentang kenaikan harga BBM dari The Freedom Institute dan Kementerian Komunikasi dan Infof1masi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklan Layanan Masyarakat dari The Freedom Institute lebih banyak menggunakan pendekatan Logos, sementara Iklan Layanan Masyarakat dari Menkominfo lebih cenderung menggunakan pendekatan Pathos khususnya aspek Piijldan Shame.
Item Type: | Monograph (Laporan Penelitian) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 LP 03/07 Pus a | ||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kenaikan harga BBM, iklan layanan masyarakat | ||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ843 Oil hydraulic machinery and Fluid power technology |
||||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3) 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi |
||||||||
Creators: |
|
||||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2022 01:19 | ||||||||
Last Modified: | 12 Apr 2022 04:40 | ||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115035 | ||||||||
Sosial Share: | |||||||||
Actions (login required)
View Item |