Efektivitas Pemanfaatan Layanan E-library Pada Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya

Ratnaningsih, - and Siti Dwijati, - and Siti Muzaroh, - (2011) Efektivitas Pemanfaatan Layanan E-library Pada Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya. Laporan Penelitian. PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text
KKB LP 01 12 Rat e 1.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjang proses belajar mengajar dan penelitian di Universitas Airlangga, di perpustakaan Universitas Airlangga te1ah tersedia layanan elibrary. Me1alui layanan e-library pemustaka akan dapat mengakses informasi baik dalam bentuk tercetak maupun online jumal akan lebih efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah dalam rangka mengetahui tidak hanya bagaimana perpustakaan Universitas Airlangga menyediakan informasi yang tepat bagi kebutuhan pemustaka, tetapi juga keberadaan layanan e-library sudahkah berjalan dengan efektif. Penelitian ini me1ibatkan responden baik laki-Iaki maupun perempuan yang terdiri dari bukan hanya staf pengajar dan peneliti tetapi juga mahasiswa program Diploma, S1, S2, S3 dari Universitas Airlangga di Kampus A, B dan C. Metode yang digunakan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden di tiga lokasi kampus, sesudah kuesioner diisi kemudian datanya diproses untuk menentukan database yang tersedia yang sering diakses pemustaka. Selanjutnya untuk mengetahui kapan mereka melakukan pene1usuran, kemudian ingin diketahui informasi apa yang mereka akses, apakah berupa abstrak, bibliografi atau full text. Penelitian ini juga akan menilai kinerja pustakawan yang melayani dan apakah pemustaka juga merasa puas dalam memanfaatkan layanan e-library. Hasil dari penelitian ini 99% dari 80 responden yang terdiri dari mahasiswa diploma berstrata Sl, S2 dan S3, yang berkaitan denga gender 66% yang menggunakan perpustakaan adalah perempuan. Sedangkan database yang sering diakses yang sesuai dengan kebutuhan mereka ada 56%. Responden yang mengakses informasi pada jam kerja 46%. Mereka menjawab bahwa pustakawan dalam me1ayani sudah professional ada 96,25%. Akhimya responden yang menyatakan bahwa mereka puas dengan tersedianya sarana penelusuran tersebut ada 73,7% dan yang menyatakan aksesnya cepat ada 46%.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 01/12 Rat e
Uncontrolled Keywords: Library service, Utilization, Effectiveness.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV40-69 Social service. Social work. Charity organization and practice
Divisions: Artikel Ilmiah
Creators:
CreatorsNIM
Ratnaningsih, -UNSPECIFIED
Siti Dwijati, -UNSPECIFIED
Siti Muzaroh, -UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 12 Apr 2022 08:06
Last Modified: 15 Apr 2022 05:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115074
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item