Pelatihan Tehnik Penanaman Jahe (Zingiber officinale, Rose) Dan Pembuatan Jahe Instan Di Kecamatan Udan Awu Kabupaten Blitar

Hari Soepriandono, - (2001) Pelatihan Tehnik Penanaman Jahe (Zingiber officinale, Rose) Dan Pembuatan Jahe Instan Di Kecamatan Udan Awu Kabupaten Blitar. Laporan Penelitian. MIPA. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKC 584 39 Pel.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tridarma yang harus dilakukan sivitas akademika. Salah satu bentuk kegiatannya dengan mengadakan penyuluhan dan pelatihan yang disertai praktek oleh peserta. Beberapa tahun terakhir, sebagian wilayah Indonesia telah dikembangkan untuk usaha komoditi jahe, baik budidaya maupun pengolahan jahe yang produknya untuk memenuhi kebutuhan datam negeri maupun untuk ekspor. Hasil jahe segar yang dipanen muda maupun dipanen tua bisa langsung diekspor atau dio1ah dahulu untuk meningkatkan nilai tambah. Kecamatan Udan Awu Kabupaten Blitar terdiri dari 12 desa yang penduduknya rata-rata mempunyai pekarangan, sawah dan tegalan yang Iuas, tetapi lahan tersebut banyak yang belum dimanfaatkan secara optimal. Mengingat kondisi tanah yang subur serta iklim dengan curah hujan dan sinar matahari yang cukup di Kecamatan Udan Awu, maka kondisi tersebut sangat sesuai untuk budidaya tanaman jahe (Zingiber officinale, Rose). Kegiatan petatihan ini telah dilak.sanakan pada hari Sabtu, 10 Nopember 2001 bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Udan Awu, Blitar dengan diikuti 40 peserta yang berasaI dari 12 desa di Kecamatan Udan Awu yang merupakan penvakilan Kelompok Tani, Anggota Koperasi, Kader PKK dan Petugas Penyuluh Pertanian (PPL). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan masyarakat tentang pemanfaatan lahan dengan melakukan budidaya jahe serta cara-cara pengolahan jahe. Metode kegiatan berupa penyuluhan dengan ceramah yang dilanjurkan dengan pelatihan dan praktek membuat jahe instan. Hasil evaluasi berupa pretest dan postest menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta lebih 50 persen, yaitu rata-rata nilai pretcst mencapai 50,87 meningkat saat postest yaitu 76,67. Kegiatan ini diharapkan dapat dilanjutkan dimasa mendatang untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus pendapatan masyarakat.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC 584.39 Pel
Uncontrolled Keywords: Tehnik Penanaman, Jahe (Zingiber officinale, Rose), Pembuatan Jahe Instan
Subjects: Q Science > QK Botany > QK1-989 Botany
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Creators:
CreatorsNIM
Hari Soepriandono, --
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:44
Last Modified: 13 Apr 2022 04:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115189
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item