Diskripsi Kejadian-Kejadian Penyebab Stres: Rangking Dan Frekuensi Dialaminya Oleh Masyarakat Surabaya

Dewi Retno Suminar, - and Seger Handoyo, - and Nurul Hartini, - (2000) Diskripsi Kejadian-Kejadian Penyebab Stres: Rangking Dan Frekuensi Dialaminya Oleh Masyarakat Surabaya. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB KK-2 115 .904 2 Sum d-1.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk menguji secara tidak langsung rangking tingkat stres kejadian-kejadian dalam kehidupan dari Holmes dan Rahe. Tujuannya adalah untuk mendapatkan rangking kejadian-kejadian yang merupakan penyebab stres dan mendapatkan stressor yang paling sering dihadapi oleh masyarakat Surabaya. Seratus dua puluh dua orang menjadi subyek penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: rangking tingkat stres karena kejadian-kejadian dalam kehidupan untuk masyarakat Surabaya agak berbeda dengan rangking Holmes dan Rahe. lima kejadian dalam kehidupan yang menimbulkan perasaan stres dalam satu tahun terakhir ini sering dialami masyarakat Surabaya adalah: 1) Kenaikan harga kebutuhan sehari-hari; 2) lalu lintas yang sering macet; 3) anggota keluarga yang sakit; 4) banjir dijalan; dan 5) beban kerja yang banyak. Dari lima kejadian tersebut, lalu lintas yang sering macet, kenaikan harga kebutuhan sehari-hari dan menderita sakit merupakan tiga kejadian yang paling sering dialami. 3. anggota keluarga yang sakit, berselisih dengan suami atau istri, kenaikan harga-harga kebutuhan sehari-hari, dan beban kerja yang banyak adalah kejadian dalam kehidupan yang membuat stres paling berat. 4. Lima belas rangking pertama tingkat stres karena kejadian dalam kehidupan (dan rata-rata perasaan stres)

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB KK-2 LP 115.904 2 Sum d-1
Uncontrolled Keywords: Penyebab Stres, Psikologi, Stressor
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712-724.85 Developmental Psychology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT251-265 Mental and moral life
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Sosial
Creators:
CreatorsNIM
Dewi Retno Suminar, --
Seger Handoyo, --
Nurul Hartini, --
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Apr 2022 01:23
Last Modified: 14 Apr 2022 01:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115317
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item